Category

Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

ads

Sunday, June 19, 2022

LAPORAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN HASIL PENJUALAN RISOLES PADA USAHA JAJANAN RISOLASIDO

by e  |  in LAPORAN STUDI KASUS at  5:46 AM

LAPORAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN HASIL PENJUALAN  RISOLES PADA USAHA JAJANAN RISOLASIDO 



KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayah-Nya, penyusun dapat menyelesaikan tugas laporan yang berjudul "Business Model Canvas dan Hasil Penjualan Risoles pada Usaha Jajanan Risolasido" dengan lancar.

Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Etika Bisnis. Selain itu, laporan ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan Business Model Canvas, analisis SWOT dan perhitungan forecasting penjualan risoles sebagai kegiatan pembuatan suatu usaha.

Terima kasih penyusun haturkan kepada Bapak Agus Yudianto, SE., MM., M.Sy., selaku dosen Etika Bisnis di Universitas Wiralodra yang senantiasa membimbing penyusunan laporan ini. Adapun laporan “Business Model Canvas dan Hasil Penjualan Risoles pada Usaha Jajanan Risolasido" telah disusun semaksimal mungkin dengan bantuan dari beberapa referensi, sehingga dapat memperlancar penyusun dalam pembuatan laporan ini.

 

                                                                                                   Indramayu, 16 Juni 2022

 

                                                                                                          Penyusun

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.           Latar Belakang

Persaingan usaha yang sangat tinggi tentunya memacu semangat pelaku usaha untuk lebih meningkatkan produktivitas maupun sistem yang dimiliki. Salah satu cara yang digunakan perusahaan atau pelaku usaha untuk dapat bersaing dan berkembang adalah menciptakan strategi-strategi yang baru. Namun strategi itu sendiri tidak cukup, perusahaan harus punya model bisnis yang kuat dan baik serta tepat.

Peluang bisnis dengan prospek yang menjanjikan dan tak pernah sepi peminat salah satunya adalah bisnis kuliner. Banyak sekali inovasi makanan yang merajalela didukung dengan promosi digital yang sedang tren sekarang. Melihat prospek usaha makanan yang cukup menjanjikan dan tingginya persaingan serta berbagai permasalahan yang dihadapi, maka perlu dibuatnya model bisnis usaha. Bisnis model kanvas dideskripsikan sebagai alasan bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap sebuah nilai kemudian menjabarkan mengenai bagaimana suatu bisnis dapat berjalan dengan baik dan mampu memberikan value kepada konsumen (Osterwalder & Pigneur, 2010). Pemahaman tentang bisnis model yang sebenarnya merupakan titik awal untuk setiap diskusi yang baik tentang sebuah inovasi model bisnis. Perencanaan yang matang dan mendetail akan membuat bisnis semakin focus pada target dan meminimalisir risiko yang ada.

Oleh karena itu kali ini akan dibahas mengenai usaha kuliner risoles yang bernama Risolasido. Seperti yang diketahui, masyarakat menyukai jajanan yang digoreng dan gurih, maka dari itu terciptalah ide usaha risoles dengan berbagai macam isian seperti mayonais, ayam, sayuran, sosis, dan lain-lain. Harga yang murah dan rasa yang enak membuat usaha kecil ini akan banyak memperoleh konsumen. Bisnis seperti ini dapat dilakukan oleh semua kalangan karena tidak membutuhkan modal yang besar untuk mengawalinya.

 

A.           Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan laporan yang akan dibahas adalah sebagai berikut.

1.        Apa itu usaha jajanan Risolasido?

2.        Bagaimana bisnis model kanvas dan analisis SWOT milik Risolasido?

3.   Bagaimana penerapan metode kuadrat terkecil pada peramalan penjualan risoles milik Risolasido?

4.        Bagaimana perhitungan harga pokok produksi risoles milik Risolasido?

 

B.            Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penyusunan laporan ini adalah sebagai berikut.

1.        Menjelaskan usaha jajanan Risolasido

2.        Memaparkan bisnis model kanvas dan analisis SWOT milik Risolasido

3.        Memaparkan penerapan metode kuadrat terkecil pada peramalan penjualan risoles milik Risolasido

4.        Menjabarkan perhitungan harga pokok produksi risoles milik Risolasido

BAB II

PEMBAHASAN

A.           Usaha Jajanan Risolasido

1.    Profil Usaha

Nama Usaha

Risolasido

Bidang Usaha

Industri rumahan

Jenis Produk

Risoles (jajanan)

Tanggal mulai berdiri

14 Juni 2022

Table 1. Profil Usaha

No

Nama

Jabatan

1

Tiara Widyanti

Pemimpin dan penjualan

2

Puryanti Octayani

Pembeli bahan baku

3

Winda Astuti

Produksi (juru masak) dan penjualan

4

Yosi Nopiyanti

Pengemasan

5

I’anah Tulrofika

Promosi dan pengantaran produk

6

Diana Ratnasari

Promosi dan pengantaran produk

Table 2. Pemilik Usaha

2.    Produk

Risoles adalah sejenis makanan cemilan atau jajanan khas Indonesia. Risoles dalam bahasa Belanda disebut Rissole, yaitu pastri yang berisi daging atau sosis, serta sayur-sayuran yang digulung dadar kemudian diberi lapisan tepung lalu digoreng hingga kecoklatan. Isian dalam risoles tersebut bisa berupa daging cincang, sosis, telur, ataupun udang, serta sayur-sayuran seperting kentang, wortel. Untuk kulit dadar pada risoles dapat dibuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, serta air. Ada dua jenis risoles yang sangat terkenal dindonesia, yang pertama yaitu risoles dengan isian sayur lalu dicampur dengan daging cincang, dan yang kedua yaitu risoles dengan isian potongan-potongan wortel, Kentang dan sayuran lainnya dengan sosis lalu diberi toping mayo.

. Menjual risoles merupakan salah satu bentuk usaha dalam dunia perdagangan yang kreatif, karena makanan ini mempunyai rasa yang sangat berkulitas dan dijual dengan harga yang cukup murah untuk kalangan para mahasiswa dan masyarakat. Peluang usaha risoles sangat berpotensi untuk menjadi usaha sampingan mahasiswa, karena waktu belajar tidak terhalangi dengan waktu kerja. Selain tugasnya untuk mencari ilmu bukan hanya mencari keuntungan, tetapi juga pengalaman pembelajaran langsung dengan praktek usaha. Selain itu berwirausaha dapat menjadikan diri setiap mahasiswa menjadi pribadi yag lebih baik lagi, menjadi mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan orang banyak dan sebagai bekal bagi mahasiswa setelah lulus kuliah.

Adapun manfaat dari risoles untuk kesehatan tubuh yaitu :

a.    Sebagai sumber energi

Risoles adalah makanan ringan yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, salah satunya adalah kalori yanng cukup tinggi. Dimana kalori tersebut berperan sebagai sumber energi bagi tubuh yang dibutuhkan saat melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

b.    Memperkencang dan memperkuat otot

Kandungan protein memang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kia. Salah satunya juga dapat menguatkan dan mengencangkan otot.

c.    Dapat mencegah obesitas

Risoless ini mengandung lemak yang rendah dan protein yang tinggi. Maka dari itu dapat mencegah naiknya berat badan, jadi kita tidak perlu takut berat badan naik jika mengkonsumsi makanan ini dengan banyak.

d.   Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan nutrisi yang dimiliki risoles ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena didalamnya mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

3.    Persiapan dan Proses Pembuatan

1.    Bahan dan cara membuat risoles

a.    Bahan kulit

1)        500 gram tepung terigu

2)        500 ml air putih

3)        2 telur

4)        5 sdm minyak sayur

5)        1 sdm garam

b.    Bahan isian

1)        Sosis

2)        Telor

3)        Mayonaise

c.    Bahan pembalur

1)        Tepung terigu

2)        Tepung panir

d.   Cara membuat :

1)        Tuangkan 500 gram tepung terigu ke dalam  wadah dan masukan 500 ml air lalu aduk hingga rata, setelah itu masukan 2 telur lalu aduk kembali hingga tercampur rata, beri minyak sayur 3 sdm dan garan 1 sdm lalu di aduk kembali hingga merata sempurna.

2)        Cetak adonan di teflon

3)        Beri isian adonan kulit risol dengan sosis telor dan juga mayonaise.

4)        Masukan tepung terigu secukupnya dan ai ke dalam wadah untuk membaluri adonan risol, lalu siapkan wadah lain untuk tepung panir yg di gunakan untuk membaluri risol.

5)        Goreng dengan api kecil hingga warna menjadi kuning kecoklatan.

6)        Risol mayonaise siap untuk di hidangkan.

2.    Bahan dan cara pembuaan piscok lumer

a.    Bahan piscok lumer

1)        1 bungkus kulit lumpia

2)        3 buah pisang matang ukuran besar/secukupnya (boleh pisang apa aja)

3)        Secukupnya meisess

4)        Secukupnya minyak untuk menggoreng

5)        Untuk perekat : 1 sdm tepung terigu dan secukupnya air

b.    Cara pembuatan piscok lumer

1)        Pertama-tama, siapkan semua bahan untuk membuat resep piscok lumer

2)        Kedua, campur tepung terigu dan air sebagai bahan untuk perekat piscok lumer

3)        Ketiga, potong-potong pisang menjadi 8 bagian. Potongannya bisa menyesuaikan dan dikira-kira dengan ukuran pisang yang ada ya.

4)        Berikutnya, ambil selembar kulit lumpia, lalu isi dengan potongan pisang dan meises kemudian lipat.

5)        Setelah itu, olesi bagian ujungnya dengan tepung terigu yang sudah dicampur dengan air tadi sebagai perekat piscok lumer. Lakukan hal ini secara berulang hingga kulit lumpia habis.

6)        Lalu, tuangkan minyak secukupnya ke wajan dan panaskan wajan dengan api yang sedang.

7)        Kemudian, masukkan piscok ke dalam wajan berisi minyak yang sudah panas tersebut dan goreng hingga warna piscok menjadi kecokelatan. Goreng piscoknya dengan api yang sedang saja ya agar piscok tidak gosong.

8)        Setelah itu, angkat piscok lumer dan kemas dengan menarik.

 

B.            Contoh Bisnis Model Kanvas milik Risolasido

Description: C:\Users\ASUS\Downloads\bener.png 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


1.        Value proposition

Value proposition merupakan nilai yang diposisikan perusahaan untuk calon customer. Nilai tersebut mencakup produk atau jasa serta bagaimana perusahaan ingin dilihat oleh calon customer.

Beberapa kelebihan dari produk kami harga terjangkau, higienis dan sehta, banyak varian rasa, praktis dan mengenyangkan. Produk kami juga tersedia dalam bentuk frozen ataupun siap makan. Cara order dan pembayaran yang mudah. Ada system COD di lokasi penjualan ataupun diantar ke rumah customer (dengan minimal pembelian tertentu). Seller yang ramah dan cepat merespon chat customer.

2.        Customer Segment

Dalam suatu bisnis, customer menjadi salah satu komponen penting. Dari customer suatu perusahaan akan mendapatkan income.

Target konsumen yang akan dituju oleh Risolasido adalah semua kalangan baik laki-laki maupun wanita. Karena kami berjualan di kampus juga, maka dari itu target konsumennya adalah mahasiswa, dosen dan staff universitas. Selain itu kami juga ada lapak berjualan yang target konsumennya masyarakat sekitar, dan juga customer dari pemesanan secara online di whatsapp dan Instagram.

3.        Channels

Setiap perusahaan memerlukan sarana atau cara untuk menyampaikan jasa atau produk mereka kepada customer. Channels merupakan sarana atau cara untuk menyampaikan jasa atau produk kepada customer sesuai segmen yang ditentukan sebelumnya.

Dalam sebuah usaha, pemasaran sangat penting agar dapat memenuhi target, cara promosi kami adalah dengan secara langsung membawa risoles ke kampus atau tempat jualan dan menawarkannua ke customer, juga lewat online yaitu status whatsapp dan instastory di Instagram.

4.         Customers relationship

Di dalam lingkup ini yang dinilai adalah bagaimana menjalin hubungan dengan pelanggan. Agar customer tidak mudah berpaling ke bisnis lain, maka sangat penting untuk menjalin hubungan yang baik dengan customer.

Untuk menjalin hubungan dengan para konsumen kami melakukan promosi melalui media sosial, selain itu Risolasido menerima kritik dan saran terkait produk. Kami juga memberikan diskon untuk jumlah pembelian tertentu. Cara komunikasi dan pelayanan kepada customer juga sangat berpangaruh untuk menjalin hubungan baik dengan customer.

5.         Key activities

Ada banyak aktivitas yang harus dilakukan perusahaan dalam menghasilkan produk atau jasa serta bertahan di tengah kompetisi. Key activities juga menunjukkan kegiatan utama yang harus diberi perhatian lebih oleh perusahaan.

Kegiatan Risolasido dalam menjalani usahanya adalah pembelian bahan baku, proses produksi, pengemasan yang aman dan menarik, penjualan atau distribusi risoles kepada customer dan dititipkan di warung, menyiapkan lokasi penjualan, promosi yang rutin, merespon chat customer dan mengantarkan pesanan.

6.         Key Resource

Sumber daya merupakan kunci mewujudkan value proposition melalui key activities yang akan dijalankan.

Sebuah bisnis tidak akan berdiri tanpa SDM yang menjalankan semua kegiatan usaha. Meski usaha ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar, tapi modal awal tetap penting untuk memulai usaha. Karena ini adalah bisnis makanan, maka peralatan dan perlengkapan sangat penting dan diperlukan. Handphone berguna untuk promosi via media sosial. Perlu juga disiapkan tempat berjualan dan juga alat transportasi seperti motor untuk distribusi pemasaran.

7.         Key partners

Tidak mungkin perusahaan akan mampu berdiri sendiri tanpa bantuan relasi dari pihak lain, baik customer maupun pemasok bahan utama. Key partners dapat diisi dengan pihak-pihak mana saja yang harus diajak bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Kerjasama sangat dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis, Risolasido bekerja sama dengan pedagang tradisional di pasar baru Indramyu seperti pedagang sayur, sosis, mayonais, pisang dan bahan baku lainnya. Toko Garuda plastic sebagai partner untuk pembelian kemasan. Risolasido juga bekerja sama dengan kantin LingLing dan warung lainnya untuk menitipkan risoles dan piscok lumer.

8.         Revenue Stream

Revenue stream menjelaskan bagaimana perusahaan mendapatkan keuntungan ketika bisnis telah dieksekusi. Sumber utama pendapatan dari Risolasido berasal dari kegiatan penjualan risoles dan piscok lumer, penjualan risoles dan piscok dalam bentuk frozen, dan juga catering snack box.

9.         Cost structure

Cost structure meliputi jenis biaya yang sekiranya akan dikeluarkan ketika bisnis telah berjalan.

Biaya yang dikeluarkan oleh Risolasido untuk menjalankan bisnisnya adalah biaya produksi membeli bahan baku, biaya kemasan, biaya transportasi untuk distribusi, biaya kuota internet untuk promosi juga biaya peralatan dan perlengkapan memasak.

 

C.           Analisis SWOT pada Usaha Jajanan milik Risolasido

Strengths

Weaknesses

Opportunity

Threats

  1.   Harganya terjangkau

  2.   Tampilan risol dan piscok lumer yang menarik

  3.   Bahan bakunya mudah didapatkan

  4.   Dapat dikonsumsi oleh semua kalangan

  5.   Mempunyai kandungan gizi dan mengenyangkan

  1.   Tidak tahan lama dan mudah basi karena tidak memakai bahan pengawet

  2.   Produknya mudah ditiru

  3.   Harga bahan bakunya  kurang stabil

  4.   Pembuatan kulit risoles yang membutuhkan waktu

  1.   Jajanan yang banyak diminati oleh banyak kalangan masyarakat

  2.   Pembuatan produk tidak terlalu rumit

  3.   Bahan yang digunakan mudah didapat dan harga terjngkau

  4.   Ada jeda istirahat kuliah dan mahasiswa yang ingin membeli cemilan (risoles)

1.    Selera konsumen variatif

2.    Adanya pesaing yang menjual produk yang sama dan harganya lebih murah

3.    Banyak jajanan gorengan lainnya di kantin

D.           Penerapan Metode Kuadrat Terkecil pada Peramalan Penjualan Risoles dan Piscok milik Risolasido

Metode Least Square merupakan salah satu metode berupa data deret berkala atau time series, yang mana dibutuhkan data-data penjualan dimasa lampau untuk melakukan peramalan penjualan dimasa mendatang sehingga dapat ditentukan hasilnya. Least Square adalah metode peramalan yang digunakan untuk melihat trend dari data deret waktu. Persamaan 1 merupakan persamaan metode Least Square.

𝑌 = 𝑎 + 𝑏𝑥                                                                                  (1)

Keterangan :

Y = Jumlah Penjualan

a dan b = Koefisien

x / t = waktu tertentu dalam bentuk kode

Dalam menentukan nilai x / t seringkali digunakan teknik alternatif dengan memberikan skor atau kode. Dalam hal ini dilakukan pembagian data menjadi dua kelompok, yaitu:

a. Data genap, maka skor nilai t nya: …,-5, -3, -1,1, 3, 5,…

b. Data ganjil, maka skor nilai t nya: …,-3,-2, -1, 0, 1, 2, 3,…

Kemudian untuk mengetahui koefisien a dan b dicari dengan persamaan 2 dan 3.

                                                                                       (2)

                                                                                      (3)

Berikut ini adalah contoh penerapan perhitungan peramalan penjualan risoles dan piscok selama 12 bulan pada tahun 2021 milik Risolasido menggunakan metode kuadrat terkecil.

 

Table 3. Penjualan Risoles dan Piscok selama 12 bulan pada tahun 2021

Maka peramalan (forecasting) untuk penjualan risoles dan piscok bulan Januari tahun 2022 adalah sebagai berikut :

𝑌 = 𝑎 + 𝑏𝑥

𝑌 = 𝑎 + 𝑏𝑥

= 215,41 + 1,73 (13)

= 215,41 + 22,49

= 237,9

Jadi, penjualan risoles dan piscok lumer pada bulan Januari tahun 2022 yang diramalkan adalah 237,9 pcs

 

E.            Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Laba Rugi milik Risolasido

1.        Perhitungan HPP Risoles

Biaya produksi           = Rp. 184.000

Biaya tenaga kerja      = Rp. 60.000

Biaya overhead           = Rp. 20.000

Total                           = Rp. 264.000

HPP                            =  

Harga jual                   = 2.296 x 110%

                                    = Rp. 2.525/produk (dibulatkan 2.500/produk)

2.      Perhitungan laba rugi risoles

Total biaya yang di keluarkan untuk memulai bisnis usaha risoles ini selama beberapa hari ini adalah

Total anggaran biaya :

                                     1.     Biaya bahan                            = Rp. 156.000

                                     2.     Biaya Peralatan                      = Rp. 28.000

    Total                                       = Rp. 184.000

    Modal Awal                            = Rp. 200.000

    Modal Awal – Total Biaya     = Rp. 200.000 – Rp. 184.000

                                                     = Rp. 16.000

Pembuatan risoles ini dalam hitungan satu minggu, yang di mana usaha tersebut dijalankan pada saat mempunyai waktu luang atau di luar jam perkuliahan, menghasilkan penjualan :

                                     1.     Hari pertama                = Rp. 50.000

                                     2.     Hari ke dua                  = Rp. 62.500

                                     3.     Hari ke tiga                  = Rp. 75.000

                                     4.     Hari ke empat              = Rp. 100.000

Total                           = Rp. 287.500

Perhitungan laba rugi yang didapat dari penjualan selama beberapa hari usaha Risolasido

Laba/Rugi                     = Biaya Penghasilan – Biaya Pengeluaran

                                    = Rp. 287.500 – 184.000

                                                      = Rp. 103.500

Laba Bersih                   = Rp. 103.500

Jumlah Keseluruhan  = Rp. 103.500 ( 4 hari )

3.        Perhitungan HPP piscok lumer

Biaya produksi           = Rp. 44.000

Biaya tenaga kerja      = Rp. 20.000

Biaya overhead           = Rp. 15.000

Total                           = Rp. 79.000

HPP                            =  

Harga jual                   = 1.795 x 110%

                                    = Rp. 1.975/produk (dibulatkan 2.000/produk)

4.      Perhitungan laba rugi piscok lumer

Total biaya yang di keluarkan untuk memulai bisnis usaha piscok selama beberapa hari ini adalah

Total anggaran biaya :

                                     1.     Biaya bahan                            = Rp. 36.000

                                     2.     Biaya Peralatan                      = Rp. 8.000

    Total                                       = Rp. 44.000

    Modal Awal                            = Rp. 50.000

    Modal Awal – Total Biaya     = Rp. 50.000 – Rp. 44.000

                                                     = Rp. 6.000

Pembuatan piscok lumer ini dalam hitungan satu minggu, yang di mana usaha tersebut dijalankan pada saat mempunyai waktu luang atau di luar jam perkuliahan, menghasilkan penjualan :

                                     1.     Hari pertama                = Rp. 18.000

                                     2.     Hari ke dua                  = Rp. 20.000

                                     3.     Hari ke tiga                  = Rp. 30.000

                                     4.     Hari ke empat              = Rp. 20.000

Total                           = Rp. 88.000

Perhitungan laba rugi yang didapat dari penjualan selama beberapa hari usaha Risolasido

Laba/Rugi                     = Biaya Penghasilan – Biaya Pengeluaran

                                    = Rp. 88.00 – 44.000

                                                      = Rp. 44.000

Laba Bersih                   = Rp. 44.000

Jumlah Keseluruhan  = Rp. 44.000 ( 4 hari )

BAB III

PENUTUP

 

A.           Kesimpulan

Pembuatan usaha jajanan risoles dan piscok ini sangat mudah dan modal usaha relatif kecil, cukup untuk dikantong mahasiswa. Alat proses produksi yang sedehana dan bahan baku yang mudah dicari serta keuntungan yang cukup menjanjikan untuk menjadikan bisnis risoles ini layak untuk dikembangkan. Tetapi, usaha ini mungkin tidak akan langsung berkembang pesat dan pastinya akan mengalami pasang surut dalam suatu usaha.

Demikian bisnis yang kami jalani, dengan mempertimbangkan seluruh aspek-aspek usaha maupun peluang-peluang usaha yang mungkin dapat dimasukkan dalam dunia bisnis kedepannya. Dengan adanya bisnis ini diharapkan dapat memenuhi sebagian kebutuhan pasar atau konsumen. Apapun usahakan yang dijalankan harus mempertimbangkan segala macam pandangan atau peluang yang ada. Itulah kunci keberhasilan suatu usaha yang dijalankan dan merupakan tantangan bagi wirausahawan muda yang selalu berusaha untuk beradaptasi dengan persaingan bisnis sekarang yang sangat ketat.

DAFTAR PUSTAKA

 

Anggraeni, M. A. K., Zukhri, A., & Nuridja, I. M. (2015). Analisis peramalan penjualan produk sepeda motor matik tipe scoopy dengan metode kuadrat terkecil pada PT. Mertha Buana Motor tahun 2015. Jurusan Pendidikan Ekonomi, 5(1).

Yusmiana, G., Rasti, A., & Puspitasari, A. (2021). (2021). BISNIS KULINER. Samata-Gowa: https://osf.io/preprints/dmwfr/.


0 comments:

Proudly Powered by Blogger.