Category

Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

ads

Saturday, October 24, 2015

contoh soal DASAR-DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN

by Unknown  |  in ARTIKEL at  2:48 AM


UJIAN TENGAH SEMESTER
MATA KULIAH   :    DASAR-DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN (2-0)
DOSEN                   :    Dr.H.TOHIDIN,Ir,M.P.
Jawablah dengan singkat dan jelas
1.    Apakah Kegunaan kita mempelajari Ilmu Manajemen Pendidikan ,Jelaskan dengan contoh di sekolah masing-masing ?
2.    Proses Manajemen  Pendidikan dapat  berupa seni (art), pengetahuan ( knowledge), dan ilmu (Science), jelaskan masinng-masing ?
3.    Apakah yang melatarbelakangi adanya kepemimpinan dalam suatu organisasi, jelaskan?
4.    Apakah kepimipinan dapat mengubah proses  manajemen pendidikan atau justru malah menguatkan ,jelaskan.?
5.    Dapatkah seorang pemimpin dalam kepemimpinannya tidak dipadu dengan visi- misi, jelaskan. banyak pemimpin yang berhasil hanya mengandalkan intiusi kepemimpinannya saja, jadi selain visi-misi ada faktor lain yang menentukan keberhasilan kepemimpinan seorang pemimpin (leadership) dalam suatu manajemen pendidikan ,jelaskan?

1.)  Apakah Kegunaan kita mempelajari Ilmu Manajemen Pendidikan , Jelaskan dengan contoh di sekolah masing-masing ?
Kegunaan kita mempelajari ilmu Manajemen pendidikan adalah   
1.    Membantu kita membuat strategi yang lebih baik dengan menggunakan  pendekatan  yang lebih sistematis, logis, rasional pada pilihan strategis
2.    Menyadarkan pada kita bahwa manusia mempunyai  kemampuan yang sangat terbatas sehingga kita perlu membuat rencana untuk mengatasi ketidakmapuan itu dengan menggunakan sumber daya yang ada disekeliling kita.
3.    Dari rencana-rencana yang kita buat maka kita dituntut untuk disiplin, dan ulet menjalankannya  serta  berinovasi membuat rencana-rencana cadangan yang membuat daya analisis dan imajinasi kita bertambah tajam.
4.    Rencana yang kita buat tentu tidak bisa kita jalankan dengan sendiri tetapi perlu dukungan dari pihak eksternal sehingga menuntut kita untuk menguasai ketrampilan berkomunikasi  dengan orang lain
5.    Mempersiapkan diri kita atas perubahan-perubahan yang mungkin akan kita hadapi, kita telah mampu memprediksi dan memperkirakan sebelumnya atas rencana yang kita buat sabelumnya, sebab dalam rencana yang kita buat kita telah menyiapkan rencana cadangan atas setiap perubahan dan kendala.
6.    Dengan manajemen membuat hidup kita lebih teratur dalam menjalankan kehidupan sehari-hari baik itu manajemen waktu, manajemen keuangan dan manajemen-manajemen lainnya..
Contoh-contoh  manajemen pendidikan di sekolah
1.Manajemen pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan
2. Manajemen pengelolaan Sarana dan prasarana
3. Manajemen pengelolaan Keuangan Sekolah
4. Manajemen pengelolaan peserta didik
5. Monitoring dan Evaluasi

2.) Proses Manajemen  Pendidikan dapat  berupa seni (art),pengetahuan ( knowledge),dan ilmu (Science), jelaskan masinng-masing
Art/seni adalah suatu kreatifitas pribadi yang kuat dan disertai keterampilan.
Manajemen sebagai seni yaitu kepemiminan memerlukan kharisma, stabilitas emosi, kewibawaan, kejujuran, kemampuan menjalin hubungan antaramanusia yang semuanya itu banyak ditentukan oleh bakat seseorang dan aga susah untuk dipelajari
Manajemen sebagai Ilmu dan seni adalah bahwa Manajemen itu sendiri memandang di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama yang baik dengan orang lain atau dengan kata lain cara bagaimana untuk membuat seseorang untuk dapat diajak bekerjasama dalam menjalankan suatu aktivitas atau kegiatan yang terorganisir,seni dalam Manajemen itu sendiri adalah membentuk (make) atau menciptakan (create) manusia yang lebih efektif dari yang sudah dan sedang mereka lakukan tanpa anda sendiri.
manajemen sebagai suatu seni, disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kkerja sama dengan orang lain, nah bagaimana cara memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakekatnya kegiatan manusia pada umumnya adalah managing ( mengatur ) untuk mengatur disini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.
Manajemen sebagai Ilmu Knowledge  Management  adalah  merupakan  proses  sistematis  untuk menemukan, memilih, mengelola, menyaring dan menyajikan informasi dalam   suatu  cara  yang  dapat  meningkatkan  pengetahuan  individu  dalam  suatu lingkungan.
manajemen termasuk sebagai ilmu karena memenuhi syarat-syarat sebagai ilmu yaitu:
a.    Tersusun secara sistematis dan teratur
b.    Objektif rasional sehinga dapat dipelajari
c.    Menggunakan metode Ilmiah
d.   Mempunyai prinsip-prinsip tertentu
e.    Dapat dijadikan suatu teori
Science management (manajemen ilmiah) adalah suatu kumpulan pengetahuan yang disistemtisasi, dikumpulkan dan diterima menurut pengertian kebenaran-kebenaran universal mengenai manajemen., Science mengajarkan orang suatu pengetahuan, kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau gambaran tentang suatu visi tertentu, kemampuan untuk mengawinkan visi tersebut dengan skill atau kemampuan yang efektif.
scientific Management adalah manajemen yang menggunakan ilmu (science) dan scientific method.
Scientific management tersebut memilki cirri-ciri sebagai berikut:
1.    Tersusun secara sistematis/teratur
2.    Dapat dipelajari dan diajarkan
3.    Menggunakan metode-metode ilmiah
4.    Dapat dijadikan suatu teori
5.    Obyektif-rasional

3.) Apakah yang melatarbelakangi adanya kepemimpinan dalam suatu organisasi,jelaskan
Organisasi tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya kepemimpinan. Karena kepimpinan adalah faktor utama dalam sebuah organisasi

4.) Apakah kepimipinan dapat mengubah proses  manajemen pendidikan atau justru malah menguatkan ,jelaskan
Kepemimpinan dpt memperkuat manajemen pendidikan karena kepemimpinan itu bisa diterapkan disegala bidang termasuk dalam bidang pendidikan, manajemen pendidikan yang dilandasi kepemimipinan  yang baik akan menghasilkan perubahan bedar dalam mengelola sebuah lembaga pendidiken, dapat menemukan ide-ide baru, inovasi-inovasi baru dalam memajukan lembaga pendidikan.

5.) Dapatkah seorang pemimpin dalam kepemimpinannya tidak dipadu dengan visi- misi,jelaskan.banyak peimpin yang berhasil hanya mengandalkan intiusi kepemimpinannya saja,jadi selain visi-misi ada factor lain yang menentukan keberhasilan kepemimpinan seorang pemimpin (leadership) dalam suatu manajemen pendidikan ,jelaskan
Bisa saja tanpa visi, misi tetapi hasilnya tidak  akan maksimal karena tidak punya arah tujuan yang jelas. Visi, misi itu ibarat rel yang akan mengarahkn perjalanan sebuah lembaga kearah yang dicita-citkan dari awal.Kemudian rumuskan secara jelas rencana kedalam pemikiran jangka panjang yang memberikan arah persfektif dalam membangun “kebiasaan pikiran yang sehat” dengan membuat rencana yang bertolak dari kekuatan intuisisi yang mencakup visi, misi, tujuan, strategi dan kebijaksanaan ; Selanjutnya rencana tersebut dituangkan kedalam rencana jangka menengah yang menggambarkan keberhasilan dalam kebiasaan pikiran masa kini. Jadi rencana tersebut akan menuntun langkah-langkah tindakan anda dalam membangun „kebiasaan yang produktif“. Untuk itu anda harus memiliki komitmen yang kuat dalam merealisasikannya.



FILSAFAT MENEJEMENT PENDIDIKAN
SOAL UTS
  1. Kemukakan lima pendapat para pakar tentang definisi filsafat manajemen pendidikan?
  2. Menurut pemahaman saudara apa sebenarnya yang di maksud manajemen pendidikan?
  3. Ada tiga kajian utama dalam filsafat sebutkan dan contoh kegiatannya dalam manajemen pendidikan?
  4. Apa yang dilakukan kepala sekolah sebagai manajer dalam menyiapkan penerimaan siswa baru?
1.    Menerima juklak-juknis dr dinas pndidikn kabpten
2.    Pembuat program kerja ppdb
3.    Mmbuat sk pnitia ppdb
4.    Menyiapkan sarana yg dibutuhkn
5.    Menentukn Persyratan
  1. Sebutkan minimalnya lima sumberdaya sekolah yang ada di sekolah saudara ?
Sumber daya  mana yang paling penting, kemukakan argumentasinya?
1.    Kepsek
2.    Guru
3.    Tenaga adm sekolah
4.    Siswa
5.    Orang tua siswa.
Yang paling penting adalah kepsek krnda dia yang akan menentukan baik-buruknya mutu penddikan di sekolah. Kepsek yang bermutu akan menghasilkn sekolah yang bermutu bagitu juga sebaliknya.

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.