Category

Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

ads

Sunday, August 9, 2015

TUJUAN MENJADI CAPASKA

by Unknown  |  in CERPEN at  6:16 PM

TUJUAN MENJADI CAPASKA
Tujuan saya menjadi capaska ya sebenarnya alasan yang GILA  saya masuk paskibraka hanya iseng di dukung dengan faktor orang tua yang tidak mendukung namun selama melakukan pelatihan ini saya belum pernah tidak mengikuti latihan baik alfa atau sakit.
Tujuan lain mengikuti paskibraka ingin membuat bangga diri sendiri karena apabila membanggakan orang tua mereka belum tentu bangga mereka hanya menyuruhku belajar belajar dan belajar tapi menurutku belajar itu tidak cukup kita juga harus mahir dalam berorganisasi percuma kita punya otak cerdas kalo tidak bisa berbicara atau bersosialisasi dengan orang banyak memang orang tua itu mendidik kita dengan cara yang berbeda-beda yang mungkin yang kita suka dan kita tidak suka . saya menjalani semuanya dngan catatan harus bisa membagi waktu mana untuk belajar dan dimana saatnya untuk free atau bebas ataupun mengikuti organisasi ini yang menurut saya cukup penting .
 tujuan selanjutnya saya ingin mempunyai keluarga baru dimana kita bisa saling sharing saling berbagi , kebersamaan ,sungguh itu adalah hal sangat indah . kita di dunia ini tidak bisa berdiri sendiri , tidak bisa hidup sendiri dimana kita harus punya teman untu berinteraksi . bayangkan apabila di dunia ini kita hidup sendiri semua itu tidak akan enak beda dengan kita mempunyai banyak teman ,keluarga,sahabat mereka adalah orang yang akan selalu ada untuk kalian di mana mereka kan merangkulmu di saat jatuh dan ikut bahagia atas keberhasilan apapun yang kamu raih .
tujuan yang berikutnya saya ingin ikut berpartisipasi dalam mengibarkan bendera duplikat di pendopo 17 agustus nanti karena hanya hal kecil itu saja yang bisa ku lakukan untuk negara ini karena saya berpikir jangan tanyakan negara telah memberi apa kepada kita namun apakah yang sudah kita beri untuk negara.
 itu merupan beberapa tujuan saya mengikuti capaska dan di bawah ini merupakan cerita rinci tentang perjalanan seorang capaska dimana ini adalah kisah saya sbagai capaska senang sedihnya pada saat menjadi capaska yang saya uraikan secara rinci.
Dan tidak lupa ucapan terimakasih juga untuk semuanya ...
Untuk akang teteh yang melatih kita semua agar kita sukses nanti pada tanggal 17 agustus , mereka melatih kita tanpa lelah hingga kita bisa jadi seperti ini KALIAN LUAR BIASA
Untuk teman teman capaska 2015 terimakasih atas semuanya kita latihan bersama , di marah-marahin bareng,seneng bareng kalian semua HEBAT dan saya yakin kalian bukan lah sembarang orang kalian adalah orang pilih saya bangga punya kalian ,kalian semua HEBAT
CAPASKA 2015
17 AGUSTUS 2015 SUKSES




LATIHAN PERTAMA
Latihan pertama atau bisa di sebut sebagai latihan perdana sebenernya cukup penasaran dengan latihan perdana ini sempat memikirkan juga karena banyak yang mengatakan bahwa dalam pelatihan paskibraka ini cukup keras, tapi entah hanya memikirkan seketika lalu hilang alias hanya terlewat dalam pemikiran saja . malam sebelum besoknya latihan saya tidak mempersiapkan apa apa saya hanya membaca novel dan membaca berbagai referensi buku yang tadi siang saya pinjam di perpustakaan sekolah ,karena menurut saya semua buku itu bisa menjadi motivasi untuk proses blajar saya di sekolah . selain motivasi dari orangtua berhubung saya ngekost jadi jarang bertemu dengan orang tua jadi saya sengaja meminjam berbagai referensi buku yang bisa membuat saya lebih semangat dalam belajar . sekitar jam 10 malam saya cukup membaca buku itu dan saya tidur dan bangun sekitar jam 1 malam saya biasa melakukan shalat tahajud karena menurut saya shalat malam itu bisa bikin tenang dan kesunyian di malam hari membuat saya lebih khusyu dalam berdoa . setelah shalat tahajud saya kembali tidur dan kira kira jam setengah 5 saya bangun lagi untuk shalat subuh lalu mandi dan berhubung ada jadwal latihan jam 6 jadi langsung siap siap . pada minggu sebelumnya kita capaska di perintahkan untuk memakai baju PSAS atau asal sekolah . tepatnya jam 6 kurang 10 menit saya berankat menuju disdik disana sudah banyak teman teman yang sudah datang dan disana kita saling berkenalan bertukar nomer telepon dan lain sebagainya dengan tujuan untuk saling mengenal.selang waktu beberapa menit kita semua di suruh kumpul dan masuk ke dalam ruangan yang ada di disdik itu .
                Pada petemuan pertama ini ternyata hanya perkenalan dan sharing tentang semuanya kita disini dituntut untuk mengenal semua capaska termasuk akang dan tetehnya juga . purna paskibraka yang berkenalan pada petemuan ini lumayan banyak dari mulai purna paskibraka tahun 1980,2004,2006,2008,2010,2012,sampai 2014.sebenernya kita sebagai capaska agak sedikit bingung untuk menghafalnya mungkin entah kita yang tidak bisa menghafal cepat atau mungkin entah terlalu banyak akang teteh yang harus kita ketahui.setelah berkenalan karena waktu menunjukan shalat dzuhur jadi kita semua melaksanakan shalat dzuhur terlebih dahulu lalu melanjutkannya lagi . kira kira menjelang ashar kita semua mulai di berikan informasi tentang latihan berikutnya ,seperti alat alat yang harus di bawa dan baju yang harus di kenakan . dan baju yang harus kita kenakan untuk latihan pertama itu adalah baju berwarna putih polos dengan celana hitam dan menggunakan sepatu warior beserta kaos kaki putih dan adapula alat alat yang harus kita bawa seperti topi,tas ransel tentara ,buku merah putih beserta alat tulisnya,sarapan,1 buah pisang ,air mineral 150ml,topi,handuk .setelah selesai menyapaikan informasi itu kita di perbolehkan pulang dan tidak lupa bersalaman terlebih dahulu dengan akang teteh .








LATIHAN KEDUA
Pada latihan kedua ini banyak yang perlu disiapkan namun saya tidak terlalu memikirkannya malah saya sibuk dengan semua tugas tugas saya di sekolah bahkan sore sabtu saya tidak mempersiapkan apa . pada sore itu saya malah les matematika dan selesai les matematika itu magrib . setelah shalat magrib ngaji dan isya baru saya ingat banyak kebutuhan dan alat alat yang harus di persiapkan untuk latihan besok ,saya hanya mempersiapkannya pda malam itu saja dan saya bingung harus beli sarapan dimana untuk besok pagi memang sangat berbeda suasana di rumah dan dikosan ,kalau dirumah mungkin semua sudah di persiapkan berbeda di kosan saya kebingungan dan pada akhirnya nitip di temen yang sesama capaska . setelah mempersiapkan semuanya kira kira sampai jam 10 malam saya langsung tidur karena kecapean setelah pulang les langsung mempersiapkan semuanya .tibalah hari esok seperti biasa saya bangun jam setengah 5 shalat,membereskan kamar,mandi lalu siap siap kira kira saya berangkat dari kosan jam 6 kurang lima menit setelah sampai disana kita langsung melaksakan apel pembukaan setelah apel pembukaan kita di ajak lari sekitar disdik dan lanjut keluar disdik ,dari yang tadinya jarang lari,males lari,males olahraga dan pada saat ini saya dituntut atau di paksa untuk kuat mengikuti pelatihan ini setelah lari berkeliling di sekitar disdik kita sarapan dan memakan pisang  dan tidak lupa sebelum sarapan dan makan pisang kita di ajarkan cara laporan untuk makan pagi dan setelah selesai pun ada laporan lagi . jadi di dalam paskibraka ini dimana kita di latih buka hanya sekedar fisik ,bukan hanya sekedar kedisiplinan melainkan diajarkan juga tatakrama dengan diterapkannya aturan yang seperti tadi .mungkin bagi mereka yang tidak tau dalam dunia kepaskibrakaan itu merupakan hal yang tidak penting dan mereka menyepelekan semua aturan itu bahkan ada sebagian dari mereka yang mengatakan bahwa paskibraka itu hanya merusak badan kita sendiri . tapi bagi saya dan kita semua yang mengenal dunia kepaskibrakaan bagaimana pun itu aturannya ya itulah aturannya dan kita harus bisa menjalankannya dengan baik .setelah sarapan lalu kita lanjut latihan di pendopo yang terletak di dekat mesjid agung indramayu disanalah tempat kita di latih ,di tempa kita panas panasan bareng ,haus bareng dan kebersmaan dalam hal ini memang sangat terasa.
                Memang sedikit agak keras tapi menurut saya itu tidak terlalu keras dan tidak semengerikan yang mereka ceritakan karna apa ? karna saya membawakannya dengan enjoy kadang juga kita semua tidak suka saat di suruh push up sampai beratus ratus kali karna kesalahan yang kita perbuat ,kadang juga kita tidak terima saat akang teteh membentak kita bahkan kita benci untuk semua hal itu tapi kita tetap menjalaninya .setelah latihan sampai jam setengan 4 disanalah kita semua besyukur karena latihan hari ini berakhir ! yeay ..
Setelah latihan badan semuanya nya pada pegel otot kaki tangan pada sakit samapai-sampai malam senin saya tidak belajar dan tidak membuka buku sedikitpun karena kondisi tubuh yang kurang baik .memang bukan salah mereka akang teteh yang melatih kita melainkan salah kita sendiri yang jarang olahraga,males olahraga bahkan tidak pernah olahraga namun bagi mereka yang sering olahraga latihan tadi itu tidak ada apa apanya dan mungkin tidak ada kata kondisi tubuh memburuk , jadi kita sebagai capaska dituntut untuk tidak males olahraga atau harus sering olahraga karena dengan sering olahraga selain agar kuat dalam latihan paskibraka olahraga juga banyak mempunyai manfaat dalam tubuh kita .


LATIHAN KETIGA
Latihan ketiga seperti latihan sebelumnya kita harus menyiapkan alat alat yang harus di bawa seperti ransel tentara,handuk,topi,pisang dan lain sebagai nya . kita semua di anjurkan membawa alat alat itu karena semua alat itu mempunyai tujuan tertentu seperti yang pertama tas ransel tentara itu akan membuat tubuh kita tidak bungkuk karena sangat lucu jika seorang paskibraka mempunyai postur badan bungkuk jadi seorang paskibraka itu harus mempunyai postur badan tegak.ada juga yang kedua yaitu handuk ,handuk itu di letakan di selipkan di celana bagian belakang dan handuk itu di gunakan untuk mengelap keringat karena selama latihan kita panas panasan itu cukup membuat cairan di dalam tubuh kita (keringat)keluar cukup banyak . ketiga topi ,topi itu kita gunakan pada saat latihan agar kulit kita tidak terbakar dengan panasnya sinar matahari ,karena panasnya sinar matahari yang menyengat itu dapat merusak kulit muka kita apabila tidak di lindungi jadi tujuan menggunakan topi itu agar kulit kita tidak rusak . keempat adalah buah pisang , buah pisang biasanya kita makan pada sebelum lari pagi karena pisang merupakan stamina kita untuk lari pagi jadi sebelum lari pagi kita bukan sarapan melainkan memakan 1 buah pisang .
                Tibalah hari esok ,persiapan saya cukup matang karena setiap hari saya push up dan back up lalu lari 2 kali dalam satu minguu . memang susah membagi waktu mana untuk belajar dan olahraga karena tugas yang begitu banyak sampai saya kewalahan untuk mengerjakan ,kadang saya mengerjakan nya  hingga larut malam dan pada saat latihan saya malah ngatuk berat .saya bangun jam setengah 5 lalu solat ,membereskan kamar,mandi lalu siap siap seperti biasa ,saya menuju disdik kira kira jam 6 kurang 3 menit tenyata saya terlambat disana sudah mulai apel pagi dan pastinya saya akan di hukum untuk push up . setelah apel pagi dan di hukum push up kita langsung pemanasan siap-siap untuk lari pagi ,pada saat lari pagi tidak semelelahkan minggu sebelumnya mungkin karena saya mempersiapkannya dengan matang sehingga tidak ada kata lelah,tidak ada kata cape malah saya bersemangat dalam lari saat ini . namun ada teman lain di capaska ini yang tidak kuat ,mungkin dia kurang latihan atau sedang tidak enak badan tapi yang pasti kita semua capaska disini saling menyemangati saling membantu dan tidak lupa juga saling menghormati kita melihat pada tujuan kita nanti pengibaran 17 agustus 2015 nanti harus SUKSES!
                Setelah latihan seperti biasanya sebelum pulang kita di kumpulkan di area disdik dan mengevaluasi latihan tadi , ya memang di bentak bentak karena kesalahan kita tapi mungkin itu semua ada tujuan tertentu juga seperti untuk membentuk mental yang kuat . walaupunkita semua di bentak-bentak setidaknya itu membuat kita sadar bahwa kita itu memang banyak salah dan harus diperbaiki di minggu minggu selanjutnya ,saya yakin mungkin ada beberapa capaska termasuk saya tidak suka dengan hal seperti itu,jujur saja saya merupakan orang yang sering melawan kepada akang teteh tapi lama lama sudah terbiasa jadi hal itu saya tinggalkan karena saya sadar diri ini merupakan sebuah pelatihan yang tidak akan terus menerus seperti ini saya yakin kelak nanti pasti akan berbuah manis .
               


                                                                                                                                                         

LATIHAN KEEMPAT
Latihan keempat atau pertemuan keempat dimana kita latihan seperti biasanya dan pada sore sabtu saya tidak mempersiapkan apa apa karena ada jadwal les b.inggris jadi saya tidak sempat mempersiapkan semuanya . saya biasa pulang les pada waktu magrib solat,ngaji,lalu menunggu shalat isya sambil istirahat . berhubung hari senin ada ulangan harian matematika jadi semalam pun saya tidak mempersiapkan apa apa saya malah belajar hingga larut malam karena saya sudah bisa memperkirakan apabila selesai latihan saya tidak akan bisa belajar walaupun bisa belajar saya tidak bisa maksiamal karena kondisi tubuh yang kelelahan dan harus diistirahatkan . sebenarnya saya tidak terlalu fokus dalam paskibraka karena orang tua saya kurang mendukung akan hal itu namun saya tetap menjalaninya dan mempunyai keinginan kuat walaupun orang tua saya tidak mengizinkan tapi saya harus bisa . alasan orang tua saya tidak mengijinkan saya yang pertama adalah proses belajar terganggu , ya memang mungkin ikut paskibraka dengan latihan tiap minggu di saat yang lain beristirahat dan peluang waktu untuk mengerjakan tumpukan tugas dari sekolah namun saya sebagai seorang capaska latihan tentunya dari pagi sampai sore . mungkin orangtua saya takut prestasi saya turun karena kelelahan tapi saya yakin dengan kesibukan saya saya latihan ,panas panas an membagi waktu kelak akan berguna di masa depan ku nanti .
Hari esok pun telah tiba saya mempersiapkan semuanya setelah shalat subuh lalu mandi dan latihan di pendopo seperti biasa . capenya saat latihan itu bukan main menurut saya di saat terik matahari menyengat walaupun menggunakan topi tapi tidak sepenuhnya melindungi kadang apabila selesai latihan mungkin karena belum terbiasa muka saya terasa perih karena terbakar oleh sinar matahari belum lagi banyaknya bulian di kelas gara ga muka yang sesaat berubah warna menjadi coklat ,belum lagi dengan julukan dora dikelas karena rambut yang haru di potong saya tau mungkin maksud mereka hanya bercanda dan saya juga menanggapinya dengan enjoy dan tidak terlalu serius . dan saya juga sudah tau konsekuensi apa saja yang harus saya terima jika saya ingin masuk paskibraka ya seperti inilah saya hanya menganggap semuanya angin berlalu .dan biasanya pda saat panas panasnya terik sinar matahari banyak akang teteh yang minum minuman yang menyegarkan di depan kami dan itu meruapakn hal yang paling menyebalkan di saat kita disini panas panasan bahkan untuk minum pun dibatasi.
Waktu ashar pun telah tiba dimana kita bergegas untuk shalat ashar di mesjid agung dengan perasaan gembira karena bertanda bahwa latihan hari ini cukup . dan setelah shalat biasa ada evalusi latihan kita tadi . dan yeay tiba saat nya kita semua pulang dan tidak lupa bersalaman dengan akang teteh yang ada disana tujuan dari itu yaitu agar kita semua saling mengenal dan yang paling penting agar kita semua dapat bersatu .







LATIHAN KELIMA
Latihan kelima dimana kita mulai di sibukkan dengan persiapan pelantikan dari PRACAPASKA ke CAPASKA dimana kita naik jabtan ,dengan naiknya jabatn ini seharusnya kita lebih semangat dan latihan tiap kali pertemuan harus makin membaik . pertemuan kelima ini badan saya kurang enak saya sakit demam mungkin terdengar seperti penyakit biasa namun apabila itu sudah parah itu akan menyiksa diri. tepatnya hari sabtu saya meninggalkan jadwal les saya tujuan saya agar besok latihan dengan keadaan membaik atau fit seperti biasanya lagi tapi kian lama sakit saya ini semakin parah suhu tubuh yang mulai naik dan kondisi tubuh yang mulai tidak karuan . karena kondisi tubuh yang seperti ini saya memutuskan untuk pulang ke rumah di lelea saya berfikir mungkin disana ada orang tua yang bisa membantu saya agar lebih baik dan agar bisa mengikuti latihan di esok hari . tibalah keesokan hari namun suhu badan belum kunjung turun saya bingung mau berangkat latihan atau tidak tapi saya melihat teman saya 51 teman saya disana latihan mungkin di kasih hukuman juga karena pasukannya tidak lengkap . karna pada latihan kelima ini sudah di bentuk pasukan tetapi belum di tentukan mana pasukan siang dan mana pasukan pagi namun di bedakan dengan nama pasukan NUSA dan BANGSA . dimana saya mendapat posisi di pasukan 8 bersama ayu soraya ,herry,briliandi,dedi,putri,arvin,dan andi ,posisi saya disini sbagai pembawa baki atau membawa bendera duplikat saya di tempatkan di belang ayu karena ayu soraya sebagai pembawa bendera pusaka . namun semua posisi ini belum fix masih bisa di rubah bahkan masih sering di ubah walaupun saya belum pernah merasakan posisi saya di ubah namun di pasuka 17 nusa dan bangsa banyak mengalami perubahan .
Kembali pada cerita tadi tapi pada akhirnya saya berangkat “memaksakan” walaupun orangtua saya sebenarnya tidak mengijinkan tapi saya memaksakan diri . dan saya berangkat dari rumah jam 6 kurang 15 menit karena bangunnya kesiangan saya tau saya bakalan telat karena perjalan dari rumah saya ke indramayu saja memakan waktu cukup lama mungkin kira kira setengah jam tapi saya tetap berangkat . di dalam pikiran saya pasti disana saya di hukun di suruh push up dan lain sebagainya tapi dalam hati saya yang penting saya sudah datang dimana saya punya solidaritas terhadap teman . tepatnya jam setengah 7 saya baru sampai di disdi mereka semua sudah melaksanakan apel pagi dan melaksanakan pemanasan untuk lari pagi tenyata benar sampe sana saya di hukum untuk jalan bebek di antara sakit dan sedih rasanya , mungkin pemikiran saya pada saat itu “saya sudah berusaha untuk datang walaupun sedang sakit namun sampai sana saya malah di hukum terlebih dahulu sebelum mengikuti pelatihan” mata saya mulai berkaca kaca dan tidak tahan di saat di hukum rasanya ingin pinsan namun saya tahan sampai hukuman itu selesai.setelah selesai entah kenapa air mataku menetes dan ini pertama kalinya saya latihan nangis mungkin karena saking tidak kuatnya .
Namun dengan seiring waktu saya jalani sakit ini saya lupakan dan harus semangat latihan ,namun dari pihak paskibraka juga mengerti dengan kondisi kita semua apabila sakit dan sudah tidak kuat kita di persilahkan untuk istiraha . paskibraka itu tidak sekejam yang kita bayangkan mereka pelatih atau binlat mereka juga sama sama manusia mmembpunyai rasa manusiawi terhadap manusia apalagi kita di sini saudara dalam artian satu keluarga . saya ikuti latihan ini sampai selesai dan selesai latihan saya kembali lagi pulang kerumah agar makan dan makan obatnya teratur .



LATIHAN KEENAM
latihan keenam ini di mulai dari hari sabtu tepatnya jam 2 siang kita harus sudah kumpul di tempat akan di laksanakan pelantikan itu . dan tempat pelantikan itu tepatnya di SMK 2 INDRAMAYU di sana lah kita akan di lantik dari PRACAPASKA ke CAPASKA . pertama sampai sana kita di mulai dengan membereskan meja dan kursi di kelas yang sudah di tentukan tempat itu di gunakan untuk kita tidur ,setelah di bereskan di sapu dan sebagainya kita kumpul kembali untuk pengecekan barang barang yang haru di bawa apabila ada satu barang yang tidak terbawa kita akan di beri hukuman berupa push up seperti saya wktu itu tidak membawa autan padahal itu hanya hal kecil tetapi tetap mendapat hukuman tapi tak apa jadikan saja itu sebagai pemanasan . adzan ashar telah berkumandang itu artinya kita harus segera bergegas menuju mesjid dan kita semua bergegas ke mesjid dengan menggunakan sandal dan tentunya tetap dalam barisan dan tak lupa menyapa akang teteh apabilan berpapasa di jalan . solat ashar pun telah selesai di tunaikan kita segera bergegas untuk melaksanakan upacara pembukaan pelantikan dengan pemimipin apel kang fahmi dari PPI 2014 . karena cuaca yang kurang mendukung kita semua naik ke ruangan atas untuk mendengarkan masuka atau beberapa materi hingga adzan magrib berkumandang kita turun dari ruangan atas tersebut lalu bergegas untuk shalat magrib berjama’ah dan setelah shalat kita mendengarkan cermah hingga menjelang adzan isya . setelah shalat isya kita semua makan malam dan seperti biasanya sebelum makan ada laporannya terlebih dahulu begitu juga sesudah makan dan pastinya seperti biasanya apabila makan kita selalu di waktu sampai cegukan,keselek pun tidak peduli karena yang penting makanan itu habis dalam waktu yang sudah di tentukan .apabila banyak makanan yang tidak habis makanan sisaan itu semua di capur dan itu sangat menjijikan dan akhirnya harus di makan bareng oleh kita semua sampai habis .
selesai makan malam kita kembali ke ruangan atas untuk mendengarkan berbagai materi yang di berikan oleh akang teteh disana dan disana juga kita tidak hanya diam dimana kita harus aktif bertanya dan memahami semua materi yang di sampaikan . saya sering bertanya tentang semua hal yang saya tidak mengerti dalam materi yang telah di sampaikan kira kira hingga jam 10 penyampaian materi itu selesai . saya kira di acara pelantikan ini kita akan lebih cape dari latihan latihan seperti biasanya namun ternyata tidak disini bahkan kita hanya di suruh duduk,mendengarkan,memahami dan bertanya tentang apa yang tidak mengerti .
setelah selesai acara penyampaian materi itu saya kira kita akan langsung di suruh tidur ternyata tidak setelah turun dari ruangan atas tersebut kita langsung di suruh membentuk pasukan NUSA dan BANGSA lelah memang lelah tapi mau tidak mau harus di jalani dimana di situ kita di suruh untuk PBB mungkin kira kira sampai jam 12 malam .
selesailah palatihan kita hari ini dan sekarang waktunya tidur ,dan ternyata tepatnya jam 2 kita di bangunkan lagi dan di bentak bentak oleh senior kita tapi mungkin dari maksud ini untuk membentuk mental kita agar lebih baik lagi dan lebih kuat lagi  dan tidak lupa dalam acara ini juga ada renungan yang membuat kita semua menangis . dan semua kejadian itu takkan pernah saya lupakan .




LATIHAN KETUJUH
Latihan ketujuh ya kita berlatih seperti biasanya namun disini sedikit di tekankan untuk berlatih dengan lebih baik lagi .  banyak kejadian yang lucu saat saat latihan ini ada yang celana nya sobek ada yang pura pura pening dan saya selalu mohon mohon untuk mendapatkan air minum dari akang teteh karena cuaca yang cukup panas membuat tenggorokan ini kering bisa-bisa dehidrasi deh gara gara kurang cairan dalam tubuh. Dan yang lebih lucu lagi ada aturan senior tidak boleh berpacaran dengan junior atau pun sesama capaska tidak boleh ada yang pacaran mungkin itu merupakan tekanan batin bagi mereka yang berpacaran hahaha .tapi latihan akhir akhir ini tidak terlalu membuat kita lelah apabila di bandingkan dengan latihan latihan di awal mungkin kita ngerasa tersiksa gitu tapi akhir akhir ini entah mungkin kita sudah terbiasa atau mungkin kita tidak terlalu di bikin cape tapi yang pasti organisasi ini semakin kesini semakin asik kita seperti keluarga sesungguhnya , dimana kita saling membantu ,sharing,curhat tentang apapun tidak hanya mencakup dalam kepaskibrakaan melain kan mereka bisa cerita tentang di sekolah mereka atau lain sebagainya .
Sungguh semua itu akan menjadi kenangan saat kita akan jadi PPI nanti ,bahkan nanti kita akan kangen dengan masa masa ini dimana masa kita item gara gara kepanasan , masa di mana kita di bentak bentak karena sering melakukan kesalahan,masa masa di mana kita di buly oleh akang teteh dan masih banyak lagi masa yang bakalan kita kangenin nanti .
Dan pada latihan ini kita di suruh bawa buah buahan dan kecap entah untuk apa tapi perintah itu di suruh oleh kang samsudin karena pada pertemuan ini kang samsudin tidak bisa hadir dalam pelatihan jadi semua itu tidak di gunakan entahlah memang suka tidak jelas karena akang dan teteh di paskibraka tidak hanya satu dua melain kan banyak bahkan untuk menghapalnya pun cukup sulit karena saking banyaknya .
Singkat cerita tibalah waktu ashar seperti biasa kita bersama sama menunaikan solat di mesjid agung tetapi disini ada yang beda setelah shalat kita tidak langsung pulang melainkan latihan lagi huh..padahal semua badan ini sudah terasa cape tapi tetap harus kita jalani karna apabila kata pelatih atau binlat latihan kita harus nurut . dan kita melaksanakan latihan sesuai pasukan masing masing yang pertama tampil itu pasukan NUSA yaitu pasukan saya dan pada latihan ini sudah di tuntut tidak boleh ada kesalahan apabila ada kesalahan kita di hukum . namun ada saja satu atau dua anak yang tidak konsentrasi jadi setelah tampil kita tetap mendapat hukuman . semuanya pun selesai kita semua selalu diingatkan waktu sebentar lagi pengibaran hanya tinggal berapa bulan lagi mungkin maksud dari mengingatkan seperti itu agar kita sadar bahwa waktu latihan kita memang tinggal sedikit jadi berikan yang terbaik setiap latihan .








LATIHAN KEDELAPAN DAN LATIHAN KESEMBILAN
Latihan kedelapan dan kesembilan ini kita latian seperti biasanya namun dalam peralatan kita di tambahkan dengan harus membawa pasir yang di masukan ke dalam botol . sebelum latihan saya sudah mempunyai firasat bahwa latihan kali ini akan berat mungkin tidak jauh dari sebelumnya hanya di tamabah beban sedikit tetapi tetap saja itu akan menambah berat latihan kali ini . tetapi walaupun seperti itu saya tetap latihan dan entah kenapa walaupun saya tidak terlalu niat dalam pelatihan ini tetapi tidk ada rasa malas sedikitpun dalam hati,pikiran untuk mengikuti pelatihan . bisa di bilang saya ini seorang capaska yang tidak terlalu niat dan tidak ada kata malas juga jadi biasa biasa saja .namun ada juga semangat temanku yang sangat tinnggi namun ada juga yang bermalas malasan memang manusia berbeda beda yah .. haha
Tepatnya sore sabtu saya pulang kerumah bukan karena sakit atau bukan karena uang jajan habis namun karena saya kangen dengan mamah,bapa,teteh saya kangen berkumpul dengan mereka yang dulu selalu bersama sama sekarang harus berpisah untuk menuntut pendidikan dimana saya dan teteh harus kost karena jarak sekolah lumayan jauh belum lagi saya yang setisp minggu tidak pulang di karenakan mengikuti pelatihan ini ,dan pada sore itu saya sengaja pulang ke rumah untuk berkumpul dengan keluarga saya dan tentunya tidak lupa membawa alat alat yang harus di bawa untuk latihan besok .
Keesokan harinya tibalah hari minggu dimana saya harus bangun lebih pagi di banding apabila saya di kosan dengan sarapan yang biasanya hanya nitip di teman namun ini sudah di siapkan oleh mamah tercinta . berankatlah saya tepatnya jam setengah 5 dan tentunya dengan membawa tas tentara yang terasa lebih berat dari biasanya karena diisi oleh dua botol yang diisi dengan pasir .
Tibalah di disdik dan saya berkumpul dengan teman teman saya untuk menunggu pelaksanaan apel dan menunggu teman teman capaska yang belum datang kami menunggu tetap dalam barisan ,tetap harus terlihat rapih,tetap harus terlihat tegap. Yahh .. memang begitulah paskibraka mau tidak mau suka tidak suka kalau itu aturannya ya ikutilah.
Saatnya latihan kita lari pagi tidak keluar disdik melainkan hanya berkeliling di halaman disdik saja setelah jogging kita lanjutkan dengan pendinginan dan setelah melakukan itu semua kita di perintahkan untuk membawa pasir yang kita bawa dengan adanya perintah itu kami capaska bergegas mengambil pasir yang ada di dalam tas ransel kami dan kemudian kembali baris seperti semula . tepatnya di ambil alihlah komnado oleh kang wasir , yah sekedar info kang wasir itu ketua dalam organisasi kepaskibrakaan ini . setelah di ambil alih kita latihan pbb dengan menggenggam dua botol yang diisi pasir tersebut mungkin tujuannya yaitu untuk agar kita tidak lemas dan pada saat botol berisi pasir tersebut di lepaskan akan terasa keringangan sehingga kita tidak gerak asal asalan lagi . karena pbb kita juga masih jauh dari sempurna sudah beberapa kali latihan pun tetap saja belum kompak entah kenapa mungkin karena egois atau males atau mungkin yang penting asal gerak saja ,yah mungkin itu yang menyebabkan gerakan kita tidak selalu seirama atau tidak selalu kompak .




LATIHAN KESEPULUH
Pada latihan kesepuluh ini ternyata semangat ku mulai mebara semangat ku mulai naik keseriusan ku mulai meningkat karna saya sadar diri sebentar lagi kita akan menginjak bulan agustus dan itu hanya tinggal 1 bulan lagi . oh sungguh saya tidak menyangka ternyata saya kuat sampai saat ini tanpa tidak ada alfa atau tidak ada kata tidak masuk , masuk terus walupun kondisi tubuh sedang kurang baik saya memaksakannya. Dan bukan hanya saya saja yang merasakan seperti itu kita semua mempunyai semangat membara
Dan tak lupa kata kata pelatih yang selalu mengingatkan bahwa kita semua dalam pelatihan haruslah lengkap tidak boleh ada yang tidak berangkat walaupun hanya satu orang . kami jawab dengan tegas SIAP! Namun ternyata dalam anggota capaska ini tidak semuanya mudah untuk di hubungi mungkin lebih banyak yang sulit di hubungi di banding dengan yang mudah di hubungi ya begitulah mungkin ada sebagian orang yang tak perduli juga . dan pada pertemuan kesepuluh ini kita kembali dalam pelatihan melakukan apel pagi seperti biasa dan pada saat berhitung tenyata anggota kita kurang 1 orang dari yang seharusnya 52 kini yang hadir ada 51 kami bingung dia kemana dan lebih menyebalkannya lagi orang itu sangat sulit di hubungi .
Setelah pelatih atau binlat mengetahui bahwa anggota nya kurang satu mereka marah bukan main biasanya mereka marah dan hanya memperintahkan kita semua untuk push up tetapi yang ini beda semua pelatih atau binlat marah dan pergi meninggalkan kita semua . mungkin mereka sangat kesal sehingga meninggalkan kita latihan sendiri di alun alun ini ,padahal ini adalah latihan terakhir sebelum bulan ramadhan dan setelah itu kita di sibukkan dengan mempersiapkan peralatan TC walaupun kita latihan mungkin hanya ada satu pertemuan lagi dan itu pasti tidak akan maksimal . kami bingung harus berbuat apa sedangkan rumah kami semuanya jauh jauh sehingga kami memutuskan untuk menjemput orang tersebut yang rumahnya di tukdana . setelah lengkap kami meminta pelatih atau binlat untuk melatih kami kembali namun respon nya tidak baik dan kita semua di perintahkan untuk bubar . “capaska 2015 bubar kalian gagal” kata kata itu terngiang di telinga kami bukan putus asa yang kita rasakan namun kita harus lebih semangat untuk latihan dan membuktikan kepada binlat kalo kita bisa , kita tidak bubar dan kita yakin tidak akan gagal . dengan demikian kita latihan tepatnya sampai jam 3 kita latihan sendiri tanpa pelatih atau binlat . setelah shalat ashar datanglah kang adi yang menanyakan kenapa sampai seperti ini dan kamipun menjelaskannya dengan rinci setelah itu kami di latih oleh kang adi yang seharusnya kita pulang jam setengah 4 namun kini kita pulang jam 5 tapi tak apa dengan di latih oleh kang adi setidaknya gerakan kita semakin membaik.








LATIHAN KESEBELAS
Latihan kesebelas ini dimana kita mulai di beritahu bagaimana gambaran tc nanti ,formasi pbb kita pun sudah mendekati sempurna walaupun tempo kadang tidak sama dengan pasukan 17 tapi kami semangat dan berusaha untuk saling bersatu atau saling menyamakan . di setiap hentakan di setiap langkah kaki kita di setiap kita berusaha untuk menjadi yang terbaik yakinlah nanti kelak 17 agustus 2015 ini akan berhasil bila perlu berhasil dengan gerakan pbb yang paling rapi , paling bagus dari pasukan sebelum sebelumnya .amiin
Namun pola latihan kita juga biasa biasa saja seperti biasanya namun mungkin kita semua disini semakin akrab ,semakin sering bercanda bareng dan lain sebagainya .sepertinya ada yang aneh pada latihan saat ini entah tapi semangat kita seperti menurun sehingga kita berhenti latihan dan di kumpulkan oleh binlat atau pelatih lagu merundingkannya apa sih sebenarnya msalah atau keluhan kita saat latihan .tenyata kendala kita disini banyak menerima masukan aturan pbb yang berbeda beda dan apabila cape tidak di suruh istirahat namun terus latihan itu yang membuat gerakan kita tidak sama . bahkan pada hari itu pun tempo sungguh sangat berantakan , sebentar lagi tc harusnya kita semakin mahir dong dalam formasi ini,pbb dasar pun harusnya kita sudah menguasai tidak usah lagi yang namanya di bentak bentak di marah marahin atau bahkan di hukum seperti push up dan lain sebagainya .
Sebenarnya itu semua untuk kita semua apabila kita berhasil kita bangga namun apabila gagal itu takkan pernah bisa di lupakan sampai kapanpun bayangkan saja kita latihan berbulan bulan namun pada puncaknya hanya sekitar 10 menit pada hari 17 agustus di sayangkan sekali kalau kita gagal . jadi kalo kita gagal apalah arti kita tiap minggu latihan di saat yang lain istirahat namun malah sebaliknya dengan kita , tenaga kita malah terkuras dalam hal ini seharusnya kita sadar kita memang sibuk banyak tugas itulah tugas seorang pelajar . tapi asalkan kalian tahu orang yang hebat itu orang yang bisa membagi waktu .
Selain kita latihan dengan serius juga di paskibraka ini kita di ajarkan bagaimana harus bisa belajar berbicara di depan dan di samping semua keseriusan ini kita juga di kasih berbagai yel yel yang cukup menarik dan cukup unik itu adalah yel yel dimana di saat latihan kita menurun itulah yang membuat kita semangat kembali . yah mungkin itu terlihat seperti hal biasa namun menurutku itu semua berharga dan saya percaya yang saya lakukan saat ini akan berbuah manis  kelak nanti.









                                                                        LATIHAN KEDUABELAS                                                                       
Latihan kedua belas pada latihan ke dua belas ini kita sudah harus di biasakan latihan memakai sepatu pantovel di mana sepatu itu membuat kaki kita lebih cape di banding seperti biasanya yang biasanya memakai sepati warior yang rata dan tentunya tanpa hak di sepatuntnya . kita latihan seperti biasa lari pagi itu mungkin bukan hal yang aneh lagi , sarapan bareng dan hal yang paling menyebalkan saat ini apabila makan kita harus di tukar saya sangat tidak suka hal itu , makan pisang bareng dimana kupasan pisang harus sesuai dengan yang di perintahkan dan lalu setelah selesai kita pergi ke pendopo dan tidak lupa laporan selesai makan terlebih dahulu . tepatnya menuju pendopo jika tidak ada suaranya itu bukanlah seorang paskibraka setiap kita jalan kemana pun atau lari jika di depan umum kita harus menyanyikan yel yel . yeyel itu selain membuat semangat namun yel yel itu pun yang akan mencirikan artinya apa masyarakat sekitar akan mengenal bahwa apabila ada segerombolan oarang sengan semangat tinggi lewat mereka langsung menebak oh ya ini adalah paskibraka .
Paskibraka tidak hanya terkenal oleh kita sebagai kalangan pelajar saja namun paskibraka juga di kenal oleh masyarakat karena kita paskibraka selain mempunyai tujuan sukses pengibaran nanti tapi kita juga harus mampu bersosialisasi dan berbaur dengan masyarakat sekitar. Dan pada latihan yang kesekian kalinya ini mungkin ini bukan hal yang mencakup kepaskibraan dimana akang akang di paskibraka sudah mulai bersikap aneh . mungkin maksud mereka agar menjalin hubungan keluarga agar lebih baik namun ada sebagian dari mereka yang mensalah artikan dan tujuan yang berbeda . sebenarnya wajar tiap manusia itu kan mempunyai rasa suka pada lawan jenis apalagi senior yang sudah menjadi PPI pun banyak yang berpacaran .
Kita disini sebagi capaska merupakan posisi yang sangat serba salah pada saat di ladenin kita sadar bahwa di paskibrakaan ini tidak boleh ada yang pacaran tentunya pada saat pelatihan saja dan disisi lain juga kita kan terhadap senior harus hormat .entahlah saya bingung untuk hal itu dan saya juga tidak terlalu memikirkan hal itu .
Manfaat ikut paskibraka ini dimana kita bisa saling mengenal dari sekian banyak kecamatan di indramayu ini kita tahu dan disitu kita saling sharing cerita itulah yang paling menyenangkan diamana kita tahu tentang apa yang sebelumnya kita tidak ketahui .










LATIHAN KETIGABELAS
Latihan ke tigabelas atau pertemuan ketigabelas merupakan pertemuan terakhir bagi capaska sebelum memasuki masa-masa tc yang mungkin tidak akan lama lagi kita semua akan mengakhiri masa pelatihan ini . sungguh saya tidak menyangka ternyata perjalanan kita akan hampir menuju puncak kita lewati masa masa baik senang karena gerakan kompak walaupun banyak tidak kompaknya dari pada kompak , sedih karena di marahin di omelin akang teteh yang selalu mencari cari kesalahan kita , kebersamaan itu merupakan hal yang indah . dengan seiring berjalannya waktu kebersamaan kita ini seakan akan berakhir,walaupun nati kita menjadi PPI tapi kadang kita mempunyai kesibukan masing-masing mungkin termasuk saya .
Rasanya pada latihann terakhir ini malah saya ingin mengulang dari awal dimana kita baru saling kenal,dimana kita membentuk akan adanya kebersamaan itu , solidaritas saya malah kangen masa-masa itu. Saya yakin kelak nanti kita pasti kangen dengan masa-masa seperti ini , saya ingin kita harus tetap satu keluarga saling menjaga silaturahmi,tetap bisa sharing saling merangkul di saat salah satu dari kita jatuh kalian semua itu luar biasa .
Pada latihan ketiga belas ini sungguh sudah terasa aura aura tc yang membuat saya semakin deg degan namun saya berusaha terlihat seperti tidak ada beban . proses belajar di sekolah masih tetap berjalan seperti biasanya namun kadang saya memikir kan tc dan menyiapkan semua perlatan dan tidak lupa sebelum saya tidur chek-up peralatan terlebih dahulu mana alat alat yang belum saya kumpulkan .
Pada latihan terakhir ini dimana kita tidak lagi latihan pbb dasar namun langsung membentuk pasukan dan berlatih sesuai pasukan tentunya posisi yang telah di tentukan oleh pelatih kita . keringat demi keringat bercucuran yahh… itulah namanya keringat perjuangan tidak banyak yang akan saya tulis dalam latihan terakhir ini saya hanya bias berdo’a dan berharap semoga keberuntungan berpihak kepada saya . berusaha sudah do’a sudah semua allah mendengar semua doa di setiap shalat saya .
2015 BISA !


0 comments:

Proudly Powered by Blogger.