Category

Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

ads

Friday, July 10, 2015

Proposal Penyakit Diare

by Unknown  |  in PROPOSAL at  3:25 AM


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang

Penyakit diare masih jadi salah satu masalah kesehatan masyarakat yang penting karena merupakan penyumbang ketiga angka kesakitan (morbiditas) dan kematian (mortalitasnya) anak di berbagai negara termasuk  indonesia. Di perkirakan lebih dari 1,3 miliar serangan dan 3,2 Jta kematian pertahun pada balita di sebabkan oleh diare. Setiap anak mengalami episode serangan rata-rata 3,3 kali setiap tahun. Lebih kurang 80% kematian terjadi pada anak berusia kurang dari 2 tahun.

Penyebab utama kematian diare adalah dehiidrasi akibat kehilangan cairan dan elektrolit melalui tinja. Penyebab lainnya adalah dientri, kurang gizi,dan infeksi.golongan umur yang paling menderita akibat diare adalah anak-anak karena daya tahan tubuhnya masih lemah (widoyono, 2012).

Penyakit diare merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan terjadi hampir di seluruh daerah geografis di dunia dan bisa penyerang  seluruh kelompok usia laki-laki maupun perempuan,tetapi diare dengan tingkat dehidrasi berat dengan angka kematian paling tinggi banyak terjadi pada bayi dan balita diare sering di anggap sebagai penyakit sepele,padahal di tingkat global dan nasional fakta menunjukan sebaliknya.

Berdasarkan catatan WHO secara global, tingkat kematian anak mengalami penurunan sebesar 41% dari estimasi 87 kematian per 1000 kelahiran hidup pada tahun 2011.penurunan ini menjadi penurunan rata-rata angka kematian anak sebesar2,5% setiap tahunnya. Jumlah kematian anak telah menurun dari 12jta pada tahun 1990 dan pada tahun 2011 sebanyak 6.900.000 anak.

Penyebab utama kematian pada anak di seluruh dunia adalah pneumonia,komplikasi kelahiran prematur, diare, asfiksia, dan malari.sekitar sepertiga dari semua kematian pada anak adalah kekurangan gizi.diare menempati urutan kelima menyumbang kematian pada anak di seluruh dunia.

Tahun 2010 dilaporkan 2,5jta kasus diare pada anak di seluruh dunia.kasus diare terbanyak di asia dan afrika kurang memadainya status gizi pada anak. Dan kurangnya sanitasi air bersih.
Jumlah kematian anak di seluruh dunia sebanyak 6,9jta anak pada tahun 201. Dari jumlah kematian tersebut didapat 18% kematian akibat penyakit diare. Kelompok umur yang paling tertinggi terkena diare di seluruh dunia yatu umur di bawah 5 tahun. Menurut data anak yang meninggal di seluruh dunia padatahun 2011 sebanyak 6,9jta anak .

Berdasarkan profil kementrian kesehatan republik indonesia 2011. Pada tahun 2009 dilaporkan kejadian luar biasa diaredi indonesia dengan jumlah penderita sebanyak 5,756 atau sebesar 1,74%, tahun 2010 sebanyak 4,204 atau sebesar 1,74%. Data terakhir pada tahun 2011 kejadian diare sebanyak 3,003 atau sebanyak 0,40% dari hasil data kejadian diare tahun 2009-2011 terjadi penurunan angka kejadiannya (zulkarnaen,2014)

1.2.            perumusan masalah

berdasarkan latar belakang di atas, maka hal yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “ bagaimanakah gambaran pengetahuan ibu tentang penyakit diare pada balita di desa tambak kecamatan indramayu  tahun 2015?”

1.3.            tujuan penelitian

1.3.1.      tujuan umum
 Untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang penyakit diare pada balita di desa tambak kecamatan indramayu tahun 2015.
1.3.2.  tujuan khusus
             a) untuk mengetahui gambaran  pengetahuan ibu tentang penyakit diare pada balita                       
                 di desa tambak kecamatan indramayu berdasarkan pendidikan.
             b) untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang  penyakit  diare pada balita
                  di desa tambak kecamatan indramayu berdasarkan pekerjaan.
             c) untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang penyakit diare pada balita  
                 di desa tambak kecamatan indramayu berdasarkan umur.




1.4.  manfaat penelitian
1.4.1. bagi masyarakat
Hasil di harapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyakat terutama pada para ibu tentang pentingnya memperhatiakan tanda-tanda yang dapat mempengaruhi terjadinya penyakit diare pada balita sehingga di harapkan dapat menurunkan angka kejadian penyakit diare.
1.4.2. bagi institusi
Untuk menambah informasi dan referensi perpustakaan istitusi pendidikan Akademi  Keperawatan  Akper Pemkab Indramayu.
1.4.3. bagi peneliti
 Memperoleh pengalamannyata dan menambah wawasan dalam penelitian mengenai gambaran pengetahuan ibu tentang penyakit diare pada balita.

1.5.kerangka konsep

Adapun yang menjadi kerangka konsep dalam penelitian pada peran ibu adalah sesuai dengan yang di uraikan pada studi pustaka.
       Variabel independent                                                                   variabel dependent
       Faktor yang mempengaruhi
Gambaran pengetahuan ibu tentang penyakit diare pada balita
-          pendidikan
-          pekerjaan
-          umur
pengetahuan :
1.5.1. variabel independent
       Variabel independent adalah variabel yang menjadi sebab perubahan atau timbulnya variabel dependent (terikat). Variabel ini juga di kenal dengan nama variabel bebas., artinya bebas dalam mempengaruhi variabel lain, variabel ini punya nama lain seperti variabel prediktor, resiko, atau kausa.


1.5.2. variabel dependent
Variabel dependent adalah variabel yang mempengaruhi atau menjadi akibat karena variabel bebas terhadap perubahan. Variabel ini juga di sebut dengan sebagai variabel efek, outcome,atau event (hidayat, 2011).























DAFTAR PUSTAKA
Dewi, vivian Nanny Lia. (2011). Asuhan neonatus  bayi dan anak balita. Cetatan ke 3. Selemba medika : jakarta.
Dion, yohannes dan betan, yasinta.(2013). Asuhan keperawatan keluarga konsep dan praktik. Cetakan pertama. Nuha medika : yogyakarta.
Hidayat,A.Aziz Alimul.(2011). Metode penelitian keperawatan dan teknik analisa data. Edisi I. Salemba medika : jakarta.
Hidayat, A. Aziz Alimul. (2008). Pengantar ilmu kesehatan anak untuk pendidikan kebidanan. Edisi . salemba medika : jakarta.
Notoatmodjo, soekidjo. (2010). Metodologi penelitian kesehatan Rineka cipta : jakarta.



















PROPOSAL PENELITIAN

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PENYAKIT DIARE
PADA BALITA DI DESA TAMBAK KECAMATAN INDRAMAYU
KABUPATEN INDRAMAYU
TAHUN 2015

KARYA TULIS ILMIAH

“Diajukan guna untuk memenuhi salah satu tugas
Mata kuliah Riset keperawatan”

Oleh :
Nama : ITA NOVIYANTY
Nim : 13020

AKADEMI KEPERAWATAN PEMERINTAH DAERAHINDRAMAYU
Jl. Murah Nara No.06 Sindang-Indramayu telp.(0234) 272551
INDRAMAYU
                                                                       2015        




0 comments:

Proudly Powered by Blogger.