Category

Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

ads

Saturday, September 26, 2015

PENJELASAN CODE JAVA

by Unknown  |  in JAVA at  8:02 PM

Alhamdulliah Allah masih ngasih ane kesehatan sehingga ane bisa nulis nih Blog,



Penjelasan

yang pertama kita harus tau System Code di Java Cth Code (System.out.println (" penulisaan"); )
System out put ini adalah untuk mengeluarkan atau keluar atau hasil, nah untuk yang di beri warna merah itu, untuk karakter kita atau penulisan kita, apa contohnya ?
nah gini
System.out.println (" LAGI BELAJAR JAVA");

nah kalau dirun pasti Outputnya gini

LAGI BELAJAR JAVA

2. Belajar Variabel
    apa itu variabel ? variabel adalah identitas maksudnya adalah gini hehehe kita pingin keluaranya ada inputan dari Keyboard kan cth :

Masukan angka 1 =

nah makah butuh namanya variabel cth variabel, int (integer(cth, 1.2.3.4.5.6.7.8. dll), chart (karakter), Float (pecahan kalau gak salah (cth. 2.3, 4.55 Dll)

cth code
int a;
System.out.println ("masukan angka 1 = ");
a = masukan.nextInt();

ket :
yang warna merah menandakan identitas menggunakan variabel Integer kalau variabel di ganti Float maka penulisanya adalah ( a=masukan.nextFloat();)

TAPI INGAT Ya dalah aplikasi Netbeans kan codenya gini



/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package javaapplication1;

/**
 *
 * @author PC 1
 */
import java.util.Scanner;
public class JavaApplication1 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        Scanner masukan= new Scanner (System.in);
       
       
    }
    
}

============================================


yang berwarna merah itu tambahan code biar bisa membuat program masukan dari keyboard seperti penjelasan diatas Ok............. jadi penting ya .....



nah langsung saja contoh soal kasus

1. Buatlah program yang meminta inputan jari - jari, yang kemudian dihitung dan ditampilkan luas dan keliling lingkaran tersebut. (mis. input jari - jari =5.5)



/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package javaapplication1;

/**
 *
 * @author PC 1
 */
import java.util.Scanner;
public class JavaApplication1 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        Scanner masukan= new Scanner (System.in);
        
        float phi,luas,keliling,d;
        float jarijari;
        phi=3.14F;
        d=7F;
        
        System.out.println(" PROGRAM PENCARIAN LUAS DAN KELILING");
        System.out.println("=====================================");
        System.out.print("masukan Jari - Jari =");
        jarijari = masukan.nextFloat();
        luas=phi*jarijari*jarijari;
        keliling=phi*d;
        System.out.println("Luas     ="+luas    );
        System.out.println("keliling ="+keliling);
       
       
    }
   
}


yang di tulis warna merahnya saja ok dan cobalah



0 comments:

Proudly Powered by Blogger.