UJIAN TENGAH SEMESTER
MATA KULIAH :
DASAR-DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN (2-0)
DOSEN :
Dr.H.TOHIDIN,Ir,M.P.
Jawablah dengan singkat dan jelas
1. Apakah
Kegunaan kita mempelajari Ilmu Manajemen Pendidikan ,Jelaskan dengan contoh di
sekolah masing-masing ?
2. Proses
Manajemen Pendidikan dapat berupa seni (art), pengetahuan ( knowledge), dan
ilmu (Science), jelaskan masinng-masing ?
3. Apakah
yang melatarbelakangi adanya kepemimpinan dalam suatu organisasi, jelaskan?
4. Apakah
kepimipinan dapat mengubah proses
manajemen pendidikan atau justru malah menguatkan ,jelaskan.?
5. Dapatkah
seorang pemimpin dalam kepemimpinannya tidak dipadu dengan visi- misi, jelaskan.
banyak pemimpin yang berhasil hanya mengandalkan intiusi kepemimpinannya saja, jadi
selain visi-misi ada faktor lain yang menentukan keberhasilan kepemimpinan
seorang pemimpin (leadership) dalam suatu manajemen pendidikan ,jelaskan?
1.) Apakah Kegunaan kita mempelajari Ilmu
Manajemen Pendidikan , Jelaskan dengan contoh di sekolah masing-masing ?
Kegunaan
kita mempelajari ilmu Manajemen pendidikan adalah
1.
Membantu
kita membuat strategi yang lebih baik dengan menggunakan pendekatan yang lebih sistematis, logis, rasional pada
pilihan strategis
2. Menyadarkan pada kita bahwa manusia
mempunyai kemampuan yang sangat terbatas
sehingga kita perlu membuat rencana untuk mengatasi ketidakmapuan itu dengan
menggunakan sumber daya yang ada disekeliling kita.
3. Dari rencana-rencana yang kita buat
maka kita dituntut untuk disiplin, dan ulet
menjalankannya serta berinovasi membuat rencana-rencana
cadangan yang membuat daya analisis dan imajinasi kita bertambah tajam.
4. Rencana yang kita buat tentu tidak
bisa kita jalankan dengan sendiri tetapi perlu dukungan dari pihak eksternal
sehingga menuntut kita untuk menguasai ketrampilan berkomunikasi dengan
orang lain
5. Mempersiapkan diri kita atas
perubahan-perubahan yang mungkin akan kita hadapi, kita telah mampu memprediksi
dan memperkirakan sebelumnya atas rencana yang kita buat sabelumnya, sebab
dalam rencana yang kita buat kita telah menyiapkan rencana cadangan atas setiap
perubahan dan kendala.
6. Dengan manajemen membuat hidup kita
lebih teratur dalam menjalankan kehidupan sehari-hari baik itu manajemen waktu,
manajemen keuangan dan manajemen-manajemen lainnya..
Contoh-contoh manajemen pendidikan di sekolah
1.Manajemen pengelolaan pendidik dan
tenaga kependidikan
2. Manajemen pengelolaan Sarana dan
prasarana
3. Manajemen pengelolaan Keuangan
Sekolah
4. Manajemen pengelolaan peserta
didik
5. Monitoring dan Evaluasi
2.) Proses
Manajemen Pendidikan dapat berupa seni (art),pengetahuan (
knowledge),dan ilmu (Science), jelaskan masinng-masing
Art/seni adalah suatu kreatifitas pribadi yang kuat
dan disertai keterampilan.
Manajemen
sebagai seni yaitu kepemiminan memerlukan
kharisma, stabilitas emosi, kewibawaan, kejujuran, kemampuan menjalin hubungan
antaramanusia yang semuanya itu banyak ditentukan oleh bakat seseorang dan aga
susah untuk dipelajari
Manajemen sebagai Ilmu dan seni
adalah bahwa Manajemen itu sendiri memandang di dalam mencapai suatu tujuan
diperlukan kerja sama yang baik dengan orang lain atau dengan kata lain cara
bagaimana untuk membuat seseorang untuk dapat diajak bekerjasama dalam
menjalankan suatu aktivitas atau kegiatan yang terorganisir,seni dalam
Manajemen itu sendiri adalah membentuk (make) atau menciptakan (create) manusia
yang lebih efektif dari yang sudah dan sedang mereka lakukan tanpa anda
sendiri.
manajemen
sebagai suatu seni, disini memandang bahwa di dalam
mencapai suatu tujuan diperlukan kkerja sama dengan orang lain, nah bagaimana
cara memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakekatnya
kegiatan manusia pada umumnya adalah managing ( mengatur ) untuk mengatur
disini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk
mencapai tujuan bersama.
Manajemen sebagai Ilmu Knowledge
Management adalah merupakan
proses sistematis untuk menemukan, memilih, mengelola, menyaring dan menyajikan informasi dalam suatu cara yang
dapat meningkatkan pengetahuan individu dalam
suatu lingkungan.
manajemen termasuk sebagai ilmu karena memenuhi syarat-syarat
sebagai ilmu yaitu:
a. Tersusun secara sistematis dan
teratur
b. Objektif rasional sehinga dapat
dipelajari
c. Menggunakan metode Ilmiah
d. Mempunyai prinsip-prinsip tertentu
e. Dapat dijadikan suatu teori
Science
management (manajemen ilmiah)
adalah suatu kumpulan
pengetahuan yang disistemtisasi, dikumpulkan dan diterima menurut pengertian
kebenaran-kebenaran universal mengenai manajemen., Science mengajarkan orang
suatu pengetahuan, kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau gambaran tentang
suatu visi tertentu, kemampuan untuk mengawinkan visi tersebut dengan skill
atau kemampuan yang efektif.
scientific
Management adalah manajemen yang menggunakan ilmu
(science) dan scientific method.
Scientific management tersebut memilki cirri-ciri sebagai berikut:
Scientific management tersebut memilki cirri-ciri sebagai berikut:
1. Tersusun
secara sistematis/teratur
2. Dapat
dipelajari dan diajarkan
3. Menggunakan
metode-metode ilmiah
4. Dapat
dijadikan suatu teori
5. Obyektif-rasional
3.) Apakah
yang melatarbelakangi adanya kepemimpinan dalam suatu organisasi,jelaskan
Organisasi tidak akan berjalan dengan
baik tanpa adanya kepemimpinan. Karena kepimpinan adalah faktor utama dalam sebuah
organisasi
4.) Apakah
kepimipinan dapat mengubah proses
manajemen pendidikan atau justru malah menguatkan ,jelaskan
Kepemimpinan dpt memperkuat manajemen
pendidikan karena kepemimpinan itu bisa diterapkan disegala bidang termasuk dalam
bidang pendidikan, manajemen pendidikan yang dilandasi kepemimipinan yang baik akan menghasilkan perubahan bedar dalam
mengelola sebuah lembaga pendidiken, dapat menemukan ide-ide baru, inovasi-inovasi
baru dalam memajukan lembaga pendidikan.
5.) Dapatkah
seorang pemimpin dalam kepemimpinannya tidak dipadu dengan visi-
misi,jelaskan.banyak peimpin yang berhasil hanya mengandalkan intiusi kepemimpinannya
saja,jadi selain visi-misi ada factor lain yang menentukan keberhasilan
kepemimpinan seorang pemimpin (leadership) dalam suatu manajemen pendidikan
,jelaskan
Bisa saja tanpa visi, misi tetapi
hasilnya tidak akan maksimal karena
tidak punya arah tujuan yang jelas. Visi, misi itu ibarat rel yang akan
mengarahkn perjalanan sebuah lembaga kearah yang dicita-citkan dari awal.Kemudian
rumuskan secara jelas rencana kedalam pemikiran jangka panjang yang memberikan
arah persfektif dalam membangun “kebiasaan pikiran yang sehat” dengan membuat
rencana yang bertolak dari kekuatan intuisisi yang mencakup visi, misi, tujuan,
strategi dan kebijaksanaan ; Selanjutnya rencana tersebut dituangkan kedalam
rencana jangka menengah yang menggambarkan keberhasilan dalam kebiasaan pikiran
masa kini. Jadi rencana tersebut akan menuntun langkah-langkah tindakan anda
dalam membangun „kebiasaan yang produktif“. Untuk itu anda harus memiliki
komitmen yang kuat dalam merealisasikannya.
FILSAFAT
MENEJEMENT PENDIDIKAN
SOAL
UTS
- Kemukakan
lima pendapat para pakar tentang definisi filsafat manajemen pendidikan?
- Menurut
pemahaman saudara apa sebenarnya yang di maksud manajemen pendidikan?
- Ada tiga
kajian utama dalam filsafat sebutkan dan contoh kegiatannya dalam
manajemen pendidikan?
- Apa yang
dilakukan kepala sekolah sebagai manajer dalam menyiapkan penerimaan siswa
baru?
1. Menerima juklak-juknis dr dinas
pndidikn kabpten
2. Pembuat program kerja ppdb
3. Mmbuat sk pnitia ppdb
4. Menyiapkan sarana yg dibutuhkn
5. Menentukn Persyratan
- Sebutkan minimalnya lima sumberdaya sekolah yang
ada di sekolah saudara ?
Sumber daya mana yang
paling penting, kemukakan argumentasinya?
1. Kepsek
2. Guru
3. Tenaga adm sekolah
4. Siswa
5. Orang tua siswa.
Yang
paling penting adalah kepsek krnda dia yang akan menentukan baik-buruknya mutu
penddikan di sekolah. Kepsek yang bermutu akan menghasilkn sekolah yang bermutu
bagitu juga sebaliknya.
0 comments:
Post a Comment