1.
Nama : Purniyem, S.Pd
Tugas : Anggota, Bendahara
Tempat tanggal lahir : Gunung Kidul, 7 Januari 1967
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : Guru
Alamat Sekolah : Jl. MT. Haryono Desa Dermayu
Kecamatan
Sindang Indramayu
Alamat Rumah : Jln. Perjuangan Kelurahan Bojongsari
RT.
04 / 02 Kecamatan Indramayu
Riwayat Pendidikan : S1 Tahun 2013
Riwayat Mengajar : TK Gandasari 1992 sampai sekarang
A.
Judul : Meningkatka Kemampuan Berhitung pada anak
dengan menggunakan media gambar di kelas A TK Gandasari Indramayu
B.
Bidang Kajian : Bidang
Pengembangan Kognitif
-
Media Gambar
C.
Pendahuluan
Latar
Belakang Masalah
Undang-Undang
Nomor 2 Tahun 1989 tentang sistim pendidikan Nasional pasal I ayat (2)
menjelaskan bahwa : “Pendidikan adalah usaha sadar dalam menyiapkan peserta
didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran, dan pelatihan bagi peranannya
dimasa dating”.
Alasan penulis
melaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk lebih mengembangkan
proses belajar kea rah yang lebih baik lagi.
Pada kegiatan
dikelas khususnya dalam pembelajaran kognitif, penulis sebagai guru masih
mendapatkan banyak anak yang belum bisa berhitung dari 1-5.
Hanya sebagai
anak yang sudah bisa berhitung 1-15
Dalam proses
belajar mengajar dikelas masih menggunakan metode dan strategi yang belum
jelas.
Berdasarkan
latar belakang diatas, maka penulis berupaya untuk meningkatkan kemampuan
berhitung anak menggunakan media gambar.
D.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang sebagaimana tersebut diatas rumusan masalah yang diajukan dalam
proposal ini adalah “ Apakah media gambar dapat meningkatkan hasil belajar
berhitung anak kelas A TK Gandasari Indramayu?
E.
Tujuan
Penelitian
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah media gambar dapat meningkatkan hasil belajar
berhitung anak pada pelajaran kognitif.
F.
Manfaat
Penelitian
Penelitian ini
diharapkan dapat bermanfaat
1.
Anak
a.
Dapat membantu
meningkatkan kemampuan berhitung
b.
Anak dapat
mengikuti pelajar berhitung dengan mudah
c.
Menghilangkan
rasa jenuh anak dalam belajar
d.
Mendorong
motivasi anak untuk belajar
2.
Guru
a.
Mendorong guru
untuk menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan
b.
Guru mampu
menciptakan media pembelajaran yang menarik bagi anak
c.
Guru mampu
membuat model pembelajaran yang bisa menghilangkan kejenuhan dalam belajar.
d.
Meningkatkan
professional guru.
3.
Sekolah
a.
Membantu sekolah
untuk mencapai misi, visi dan tujuan sekolah
b.
Meningkatkan
prestasi sekolah
c.
Meningkatkan
mutu sekolah lebih baik lagi
G.
Kajian Pustaka
I.
Berhitung di TK
Pada anak prasekolah, merupakan yang efektif untuk
mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak didik. Upaya berbagai potensi
ini dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk melalui berhitung.
Berhitung merupakan bagian dari matematika yang
diperlukan untuk menumbuh kembangkan keterampilan berhitung yang sangat berguna
bagi kehidupan sehari-hari.
Adapun prinsip-prinsip dalam berhitung di TK adalah
sebagai berikut :
a.
Berhitung
diberikan secara bertahap menurut tingkat kesukaranya, dan yang mudah ke yang
sukar
b.
Berhitung akan
berhasil jika anak didik diberi kesempatan untuk berpartisipasi
c.
Bahasa yang
digunakan dalam mengenal konsep bilangan harus sederhana
d.
Dalam
mengevaluasi hasil perkembangan anak harus dari awal sampai akhir kegiatan
II.
Media
Media adalah alat yang dipakai untuk menyampaikan
pesan, agar maksud dan tujuan tercapai atau sebagai alat saluran komunikasi?
Heinich, dkk (1993) dalam instructional media and
the method new technologi (1990) menyatakan “ Media merupakan alat komunikasi,
media sangat penting dalam proses pembelajaran”.
III.
Media Gambar
Pengetahuan seseorang paling banyak diperoleh secara
visual atau melalui indra penglihatan. Bobbie de porter (1999 : 17) dalam bukunya
“Quantum Learning” mengemukakan, terdapat tiga gaya belajar yaitu : Tipe
Visual, Auditorial, dan Kinestetik.
Media banyak macamnya salah satunya media gambar.
Media gambar adalah suatu alat yang dipakai untuk menyampaikan informasi kepada
pembaca yang berisi gambar-gambar, tulisan, angka, huruf, gambar-gambar
merupakan rangkaian pesan.
H.
Rencana dan
Produser Penelitian
1.
Waktu Penelitian
Penelitian akan dilaksanakan pada semesnter II bulan
januari 2016
Tahun pelajaran 2015-2016
2.
Lokasi
Penelitian
Penelitian dilaksanakan pada kelompok A TK Gandasari
Indramayu
3.
Subyek
Penelitian
Subyek penelitian adalah anak kelas A TK Gandasari
Indramayu tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah murid 24 orang
4.
Metode
Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kemmis
dan MC tanjgant yang prosesnya dilaksanakan persiklus yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi.
5. Siklus Penelitian
Siklus penelitian
dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2 tindakan akan
dilaksanakan secara berulang-ulang dalam siklus I. sebanyak beberapa kali
pertemuan, pelaksaaan tindakan akan diamati dan dicatat dengan seksama.
Pada akhir siklus
pengamatan terhadap variabel berikut dilaksanakan dengan tes data hasil tes
dianalisa atau direfleksi untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalannya.
Refleksi dilakukan dengan merencanakan tindakan alternative yang akan
diterapkan pada siklus II
Rencana untuk
siklus II sepenuhnya tergantung pada hasil refleksi sikulus II.
6. Criteria Keberhasilan
Siklus akan
berlangsung terus sampai criteria keberhasilannya tercapai yaitu angka
rata-rata kelas mencapai yang diinginkan
7. Instrument
Penelitian
Instrument untuk
mengukur peningkatan hasil belajar anak variabelnya yang ditingkatkan, akan
dilakukan dengan tes hasil belajar. Disamping itu, peningkatan hasil belajar
akan diukur juga dengan menggunakan lembar observasi
8. Analisa data
Data hasil belajar
siswa akan dianalisis dengan statistik deskritif seperti rata-rata dan
presentase. Peningkatan hasil belajar akan dilihat dari kecenderungan kenaikan
skor rata-rata dari siklus ke siklus. Data dari lembar observasi, penilaian dan
tes.
9. Kolaborasi
Kolaborasi penelitian
adlaah teman sejawat yang sama-sama guru kelas TK Indramayu. Proses kolaborasi
dilakukan pada saat penulisan
I.
0 comments:
Post a Comment