Category

Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

ads

Thursday, October 22, 2015

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR

by Unknown  |  in PROPOSAL at  10:57 PM

1.      Nama                               :    Purniyem, S.Pd
Tugas                               :    Anggota, Bendahara
Tempat tanggal lahir      :    Gunung Kidul, 7 Januari 1967
Jenis Kelamin                 :    Perempuan
Pekerjaan                        :    Guru
Alamat Sekolah              :    Jl. MT. Haryono Desa Dermayu
                                              Kecamatan Sindang Indramayu
Alamat Rumah               :    Jln. Perjuangan Kelurahan Bojongsari
                                              RT. 04 / 02 Kecamatan Indramayu
Riwayat Pendidikan       :    S1 Tahun 2013
Riwayat Mengajar         :    TK Gandasari 1992 sampai sekarang















A.           Judul                             :    Meningkatka Kemampuan Berhitung pada anak dengan menggunakan media gambar di kelas A TK Gandasari Indramayu

B.            Bidang Kajian               :    Bidang Pengembangan Kognitif
-          Media Gambar

C.            Pendahuluan
          Latar Belakang Masalah
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang sistim pendidikan Nasional pasal I ayat (2) menjelaskan bahwa : “Pendidikan adalah usaha sadar dalam menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran, dan pelatihan bagi peranannya dimasa dating”.
Alasan penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk lebih mengembangkan proses belajar kea rah yang lebih baik lagi.
Pada kegiatan dikelas khususnya dalam pembelajaran kognitif, penulis sebagai guru masih mendapatkan banyak anak yang belum bisa berhitung dari 1-5.
Hanya sebagai anak yang sudah bisa berhitung 1-15
Dalam proses belajar mengajar dikelas masih menggunakan metode dan strategi yang belum jelas.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis berupaya untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak menggunakan media gambar.

D.           Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang sebagaimana tersebut diatas rumusan masalah yang diajukan dalam proposal ini adalah “ Apakah media gambar dapat meningkatkan hasil belajar berhitung anak kelas A TK Gandasari Indramayu?


E.            Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media gambar dapat meningkatkan hasil belajar berhitung anak pada pelajaran kognitif.

F.             Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat
1.      Anak
a.       Dapat membantu meningkatkan kemampuan berhitung
b.      Anak dapat mengikuti pelajar berhitung dengan mudah
c.       Menghilangkan rasa jenuh anak dalam belajar
d.      Mendorong motivasi anak untuk belajar
2.      Guru
a.       Mendorong guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan
b.      Guru mampu menciptakan media pembelajaran yang menarik bagi anak
c.       Guru mampu membuat model pembelajaran yang bisa menghilangkan kejenuhan dalam belajar.
d.      Meningkatkan professional guru.
3.      Sekolah
a.       Membantu sekolah untuk mencapai misi, visi dan tujuan sekolah
b.      Meningkatkan prestasi sekolah
c.       Meningkatkan mutu sekolah lebih baik lagi

G.           Kajian Pustaka
                   I.            Berhitung di TK
Pada anak prasekolah, merupakan yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak didik. Upaya berbagai potensi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk melalui berhitung.
Berhitung merupakan bagian dari matematika yang diperlukan untuk menumbuh kembangkan keterampilan berhitung yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.
Adapun prinsip-prinsip dalam berhitung di TK adalah sebagai berikut :
a.       Berhitung diberikan secara bertahap menurut tingkat kesukaranya, dan yang mudah ke yang sukar
b.      Berhitung akan berhasil jika anak didik diberi kesempatan untuk berpartisipasi
c.       Bahasa yang digunakan dalam mengenal konsep bilangan harus sederhana
d.      Dalam mengevaluasi hasil perkembangan anak harus dari awal sampai akhir kegiatan
                II.            Media
Media adalah alat yang dipakai untuk menyampaikan pesan, agar maksud dan tujuan tercapai atau sebagai alat saluran komunikasi?
Heinich, dkk (1993) dalam instructional media and the method new technologi (1990) menyatakan “ Media merupakan alat komunikasi, media sangat penting dalam proses pembelajaran”.
             III.            Media Gambar
Pengetahuan seseorang paling banyak diperoleh secara visual atau melalui indra penglihatan. Bobbie de porter (1999 : 17) dalam bukunya “Quantum Learning” mengemukakan, terdapat tiga gaya belajar yaitu : Tipe Visual, Auditorial, dan Kinestetik.
Media banyak macamnya salah satunya media gambar. Media gambar adalah suatu alat yang dipakai untuk menyampaikan informasi kepada pembaca yang berisi gambar-gambar, tulisan, angka, huruf, gambar-gambar merupakan rangkaian pesan.



H.           Rencana dan Produser Penelitian
1.      Waktu Penelitian
Penelitian akan dilaksanakan pada semesnter II bulan januari 2016
Tahun pelajaran 2015-2016
2.      Lokasi Penelitian
Penelitian dilaksanakan pada kelompok A TK Gandasari Indramayu
3.      Subyek Penelitian
Subyek penelitian adalah anak kelas A TK Gandasari Indramayu tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah murid 24 orang
4.      Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kemmis dan MC tanjgant yang prosesnya dilaksanakan persiklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi.
5.      Siklus Penelitian
Siklus penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2 tindakan akan dilaksanakan secara berulang-ulang dalam siklus I. sebanyak beberapa kali pertemuan, pelaksaaan tindakan akan diamati dan dicatat dengan seksama.
Pada akhir siklus pengamatan terhadap variabel berikut dilaksanakan dengan tes data hasil tes dianalisa atau direfleksi untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalannya. Refleksi dilakukan dengan merencanakan tindakan alternative yang akan diterapkan pada siklus II
Rencana untuk siklus II sepenuhnya tergantung pada hasil refleksi sikulus II.
6.      Criteria Keberhasilan
Siklus akan berlangsung terus sampai criteria keberhasilannya tercapai yaitu angka rata-rata kelas mencapai yang diinginkan



7.      Instrument Penelitian
Instrument untuk mengukur peningkatan hasil belajar anak variabelnya yang ditingkatkan, akan dilakukan dengan tes hasil belajar. Disamping itu, peningkatan hasil belajar akan diukur juga dengan menggunakan lembar observasi
8.      Analisa data
Data hasil belajar siswa akan dianalisis dengan statistik deskritif seperti rata-rata dan presentase. Peningkatan hasil belajar akan dilihat dari kecenderungan kenaikan skor rata-rata dari siklus ke siklus. Data dari lembar observasi, penilaian dan tes.
9.      Kolaborasi
Kolaborasi penelitian adlaah teman sejawat yang sama-sama guru kelas TK Indramayu. Proses kolaborasi dilakukan pada saat penulisan
I.      

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.