Category

Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

ads

Sunday, October 11, 2015

LAPORAN OBSERVASI

by Unknown  |  in ARTIKEL at  6:40 PM

Ø TEKS LAPORANOBSERVASI


·         Teks laporan juga disebut teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan criteria tertentu. Setelah menyelesaikan pelajaran ini, kalian di harapkan dapat membangun teks laporan yang benar.

·         Teks laporan sering di anggap sama dengan teks deskripsi. Sebenarnya, teks kedua nya teletk pada sifat nya, yaitu bahwa teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskrpsi bersifat unik dan individual. Untuk melaporkan kehidupan harimau, kalian dapat mulai dengan membuat klasifikasi jenis-jenis harimau, kemudian memaparkan bentuk fisik, cirri-ciri, habitat dan kebiasaan hidup harimau.

·         Teks deskripsi menitik beratkan pada uraian bentuk, cirri-ciri dan keadan sesuatu yang di deskripsikan untuk tempat dan waktu tertentu. Sementara itu, teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan pada berbagai hal ke dalam jenis-jenis sesuai dengan cirri-ciri setiap jenis pada umum nya. Selain itu, teks deskripsi berkaitan hanya dengan hubungan keseluruhan dan bagian nya, teks laporan berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan sub kelas.

Ø MEMBEDAH STUKTUR TEKS LAPORAN
·         Kalian dapat mengamati bahwa teks laporan disusun dengan stuktur teks pernyataan umum atau klasifikasi di ikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan. Stuktur itu biasanya ditulis dengan pernyataan umum atau klasifikasi>anggota yang di laporkan.





ü  Kata membagi dan mengelompokkan mengandung makna yang sama. Kata-kata yang berbeda mempunyai makna yang sama disebut sinonim.
ü  Suatu jenis kata mungkin berubah menjadi jenis kata yang lain. Misalnya, verba mungkin berubah menjadi nomina atau kelompok nomina. Sebagai contoh membagi berubah menjadi pembagian.

Ø KALIMAT SIMPLEKS DAN KOMPLEKS
Ialah kalimat yang terdiri atas satu struktur dengan satu verba utama, seperti terlihat pada contoh (a) dan (b), sedangkan kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri atas dua struktur atau lebih. Contohnya :

(    a)   Tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam makhluk hidup.
(    b)   Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.

Seperti yang terlihat pada contoh (a) dan (b), verba utama itu adalah tergolong.
Ternyata klimat kompleks merupakan rangkaian dua kalimat atau lebih dengan konjungsi sebagai alat perangkainya. Konjungsi yang digunakan adalah dan, apabila.


Ø KALIMAT DEFINISI
Teks laporan tentang harimau tersebut dimulai dengan kalimat definisi tentang penggolongan atau klasifikasi. Kalimat definisi itu adalah sebagai berikut.
(     a)   Mamalia adalah  binatang yang menyusui
(     b)“Kucing besar “ itu adalah  hewan pemangsa dan pemakan daging.



Kalimat (a) dan (b) itu dapat dirumuskan menjadi X=Y dengan keterangan bahwa X adalah hewan atau benda yang didefinisikan, Y adalah definisinya, dan tanda sama dengan (=) adalah verba penghubung, seperti adalah, ialah, termasuk, tergolong, disebut dan meliputi

X
=
Y
Mamalia
Adalah
Binatang yang menyusui
“Kucing besar itu”
Adalah
Hewan pemangsa dan pemakan daging


Apabila definisi itu dapat dibalik, hal itu menunjukkan bahwa definisi itu tidak bagus atau unsure X dan Y tidak mempunyai bobot yang sama.


0 comments:

Proudly Powered by Blogger.