Category

Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

ads

Friday, October 2, 2015

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA hipokotil PENYESUAIAN DIRI PADA KEHAMILAN Perempuan PERTAMA

by Unknown  |  in ARTIKEL at  7:19 PM


HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA hipokotil PENYESUAIAN DIRI PADA KEHAMILAN Perempuan PERTAMA
Arini Budi Astuti , Singgih Wibowo Santosa , Muhana Sofiati Utami

Abstrak

Perubahan fisik dan emosional yang cukup besar terjadi selama kehamilan . Meskipun kehamilan hanya periode singkat dalam kehidupan wanita , akan menentukan kualitas fisik dan psikologis tidak hanya untuk wanita hamil dirinya sendiri, tetapi juga untuk bayi . Wanita hamil yang mampu mengembangkan penyesuaian yang tepat selama kehamilan dapat mengelola tantangan dan perubahan yang terjadi , sehingga fisik dan psikologis kesejahteraan ibu dan bayi dapat dipertahankan .
Penelitian ini menetapkan untuk memahami seberapa jauh hubungan antara dukungan keluarga dan penyesuaian perempuan selama kehamilan pertama mereka . Hipotesis adalah : ada hubungan positif antara dukungan keluarga dan penyesuaian perempuan selama kehamilan pertama mereka .
Subyek penelitian ini adalah 56 wanita yang menjalani kehamilan pertama mereka ( primigravida ) . Subyek berasal dari tiga Pusat Kesehatan Masyarakat Kota Yogyakarta . Mereka Puskesmas adalah Tegalrejo , Jetis , dan Pakulaman . Data dikumpulkan dengan menggunakan Skala Dukungan Keluarga yang berisi 45 item dan Skala Penyesuaian yang berisi 35 item . Kedua timbangan telah diuji pada 40 responden yang memiliki karakteristik yang sama dengan subjek penelitian . Responden berasal dari Mergangsan , Danurejan II , dan Umbulharjo II Puskesmas .
Hasilnya menunjukkan korelasi positif antara dukungan keluarga dan penyesuaian perempuan . Koefisien korelasi ( r ) adalah 0,7311 ; p < 0,01 dan koefisien determinasi ( r2 ) adalah 0,5346 . Ini berarti bahwa hipotesis penelitian ini didukung oleh hasil analisis data.

Keyword : dukungan keluarga , penyesuaian , kehamilan pertama

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.